Strategi Inovatif Mengoptimalkan Kompetensi Siswa dengan Merdeka Belajar & Penilaian Otentik
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam era globalisasi, perkembangan tekhnologi informasi yang pesat memunculkan tantangan baru, termasuk dalam dunia pendidikan. Konsep merdeka belajar hadir untuk mendorong tranformasi pengajaran, dengan menempatkan siswa sebagai subjek aktif pembelajaran, yang memungkinkan siswa mengeksplorasi potensi mereka secara optimal, holistik dan nyaman, sehingga kompetensi mereka berkembang sesuai tuntutan zaman dimana penilaian otentik menjadi elemen penting untuk memastikan kompetensi siswa relevan dan aplikatif. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif tentang strategi inovatif yang mengintegrasikan merdeka belajar dan penilaian otentik, diharapkan tercipta generasi cerdas yang siap berkontribusi dan bersaing, melalui pelatihan ini, guru dilatih menerapkan strategi pendidikan yang dapat meningkatkan kompetensi siswa secara efektif. Artikel ini berdasarkan hasil Abdimas gasal 2023/2024 bersama guru TK di Depok. Diskusi interaktif kami membahas berbagai studi kasus menunjukkan hasil positif terhadap peningkatan kompetensi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin. 2023. Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan, dan Kurikulum yang Diterapkan di Indonesia. ybkb. https://www.ybkb.or.id/merdeka-belajar-pengertian-tujuan-dan-kurikulum-yang-diterapkan-di-indonesia/ (Juli 7, 2024).
Amalia, LIa, dan Suwatno Suwatno. 2016. PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI EFEKTIVITAS COMPETENCY BASED TRAINING. Pendidikan MANPER 1(1): 3037.
Indriyani, Novalina, Rahmi Hanifah, dan Yanti Fitria. 2023. PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR. Pendas :JurnalIlmiahPendidikanDasar, 1(8): 2849.
Mulyati, Lin. 2020. Bahasa cinta guru. guru berbagi kemdikbud.
sekretariat GTK. 2020. Merdeka Belajar. Dirjen Guru & tenaga kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar (Juli 7, 2024).
Zulminiati, dan Sri Hartati. 2021. Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal OBSESI 5(2): 103544.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.25191
Refbacks
- There are currently no refbacks.