Pemberdayaan Anggota Keluarga untuk Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris Daring di Rumah
(1) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat kali ini adalah untuk mendukung apa yang disebut metode lama, yaitu kartu bergambar untuk pembelajaran kosakata selama belajar di rumah. Alasan utamanya adalah membantu orang tua, terutama para ibu rumah tangga, untuk mendorong anak-anak mereka bahwa belajar bahasa Inggris di rumah juga menyenangkan dan mendorong orang tua untuk tidak melulu bergantung pada guru sekolah dalam belajar. Metode pemberdayaan yang digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan adalah teknik advokasi. Para peserta penyuluhan adalah para orang tua dengan anak yang masih duduk di bangku sekolah pendidikan dasar dan pesantren. Pandangan dan tindakan ini perlu dilakukan karena anak-anak harus melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 sehingga orang tua perlu dilengkapi dengan strategi. Menggabungkan metode advokasi dan mediasi untuk mengirimkan harapan tersebut kepada para orang tua diterapkan dalam upaya mencapai tujuan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, A., Suarti, N. K. A., & Gunawan, I. M. (2017). Bermain bunga kamboja sambil berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 125–132. https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2195
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan anak dalam keluarga di era digital. FIKROTUNA, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Damayanti, C., & Engliana, E. (2022). Seni, sastra, dan imajinasi untuk pengembangan emosi dalam pandangan Martha Nussbaum. Jurnal Filsafat, 32(2), 223. https://doi.org/10.22146/jf.68959
Engliana, E., Prasetyo, A., & Nisa, A. (2021). Empowering young children with folktales and storytelling : A report from a rural West Java village. Asia-Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 15(1), 157–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17206/apjrece.2021.15.1.157 157
Hallam, B., Miles, H. C., & Dale, E. (1955). Audio Visual Methods in Teaching. Art Education, 8(2), 15. https://doi.org/10.2307/3184288
Hartono, D. S., & Rudjiono, D. (2015). Media pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran Bahasa Inggris “Theme I have a Pet” untuk Kelas 4 SD Negeri Randugunting. PIXEL:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.2013/PXL.V8I1.154
Irawan, H., Hidayat, A., Kosasih, A., & Wahyudin. (2024). Pengenalan story telling dalam kajian sejarah lokal di SMA Budhi Warman 1. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 07(01), 25–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.20606
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Rahmadi, D., Budi, Y., Santosa, P., & Dwi, R. H. (2023). Pembuatan media pembelajaran menggunakan Wordwall para guru SMAIT As Shof kota Depok. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(06), 656–661. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20580
Rahman, M., & Izzah, L. (2015). The Power of Storytelling in Teaching English to Young Learners. 1st International Seminar Childhood Care and Education: Aisiyah’s Awareness on Early Childhood and Education. https://doi.org/10.5281/zenodo.1214962
Rohman, A., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran vocabulary materi buah-buahan berbasis mobile pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 69–73. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p069
Rumah Belajar Kemdikbud. (2020). Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar. https://www.youtube.com/watch?reload=9&v=ZIfDCx_mr94
Steiner, L. M. (2014). A family literacy intervention to support parents in children’s early literacy learning. Reading Psychology, 35(8), 703–735. https://doi.org/10.1080/02702711.2013.801215
Stoecker, R. (2015). The Community Development Context of Research. In Research Methods for Community Change: A Project-Based Approach (pp. 47–74). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452269962.n3
Tanggulungan, V. L., & Tahir, M. (2005). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Siswa Kelas I SD Inpres 1 Kamarora. Jurnal Kreatif Online, 7(1), 251–263. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12355
Wijayatiningsih, T. D., Mulyadi, D., & Fathurrohman, A. (2015). Drill Dan Repetition dalam Pelatihan Bahasa Inggris Pemilik Homestay Desa Wisata Kandri Semarang. In L. U. M. Semarang (Ed.), The 2nd University Research Coloquium (pp. 242–245). LPPM Universitas Muhammadiyah Semarang. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/download/1514/1566
Winda, W. (2014). Boneka Jari sebagai Pembelajaran Kelas Rendah Sekolah Dasar. Eduhumaniora, 6(1), 14–20. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2857
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.