Pelatihan Canva untuk Perancangan Pemasaran Usaha bagi Ibu-Ibu PKK RT 04 RW 08 Kelurahan Tugu Depok

Septian Wulandari(1*), Dian Novita(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Panggunaan internet pada era digitalisasi sering dimanfaatkan untuk wadah mempromosikan jasa ataupun produk oleh UMKM oleh PKK. Pemanfaatan internet pada media pemasaran mempunyai peranan yang penting. Dengan adanya media premasaran, maka penjualan produk ataupun jasa dapat tersebar dengan cepat dan luas, serta dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Masalah yang banyak dijumpai adalah kurang tepatnya desain pemasaran visual serta informasi produk dalam media pemasaran yang dibuat. Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat desain pemasaran. Salah satu aplikasi yang mudah dan didapatkan secara gratis adalah aplikasi Canva. Aplikasi Canva dapat digunakan untuk membuat desain visual untuk membantu UMKM yang dibuat oleh Ibu-Ibu PKK dalam membuat media pemasaran seperti membuat desain poster atau flayer, postingan feeds Instagram, dan lain sebagainnya. Aplikasi Canva memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan menggunakan PC ataupun handphone. Disamping itu, aplikasi Canva memiliki template yang dengan mudah dapat digunakan oleh siapapun yang baru mempelajari Canva. Dengan kelebihan tersebut, maka pada kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu Ibu-Ibu PKK untuk membuat perancangan usaha seperti desain visual untuk media pemasaran usaha yang dimiliki.


Keywords


Canva, Pemasaran Usaha, PKK

Full Text:

PDF

References


Astuti, H. (2018). PENGGUNAAN POSTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KESEHATAN. In Penggunaan Poster sebagai Media Komunikasi Kesehatan Komunikologi (Vol. 15, Issue 1).

Hasan, H., Amaliah, A., Mada, N. D. F., Normanita, N., Liana, N., Nurmaliana, N., & Safitri, R. (2023). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva Bagi Pengrajin di Tabalong Mati. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14. https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.1527

Kamila Chairunnisa, & Venni Herli Sundi. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN POSTER PADA SIWA KELAS X SMAN 8 TANGSEL. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Nurhayaty, E., Marginingsih, R., Susilowati, I. H., & Pramularso, Y. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Putri, N. A. (2016). DESAIN STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA FULLUS FASHION MELALUI EVALUASI BENCHMARKING. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 1, Issue 1).

Setiawan, R., & Husna, J. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DALAM BENTUK POSTER DAN BROSUR PERPUSTAKAAN SEKOLAH: KAJI TINDAK PERPUSTAKAAN SMP ISLAM HIDAYATULLAH BANYUMANIK SEMARANG.

Solihah, S., & Zakiah, E. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM MAKANAN KHAS DAERAH CIAMIS TRAINING ON THE USE OF THE CANVA APPLICATION TO DEVELOP CREATIVITY IN MARKETING MSME PRODUCTS TYPICAL OF THE CIAMIS REGION. In Abdimas Galuh (Vol. 4, Issue 2).

Srijani, N. (2020). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT 1) 2). EQUILIBRIUM, 8(2), 191–200.

Syahrir, A. P., Zahirah2, S. P., & Salamah3, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 732–742.

Yana Adharani, Retnani Latifah, Popy Meilina, & Nurvelly Rosanti. (2020). Pelatihan Pembuatan Flyer Promosi untuk Menunjang Digital Marketing pada Klinik Kesehatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6. https://meet.google.com/amc-nyyo-dir.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.