Pelatihan Motivasi Guru Menuju Pribadi yang Berkarakter
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Seorang guru harus memiliki sifat profesional, yang termasuk, tetapi tidak terbatas pada, mempunyai tanggung jawab dalam bekerja, mempunyai tingkat kepercayaan diri yang baik, dapat dipercaya, serta bisa saling menghargai dengan orang lain. Diantara sifat profesional yang paling utama yaitu kesungguhan/kesediaan dalam usaha memajukan sekolah. Motivasi guru memiliki pengaruh besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Diantara cirinya adalah bahwa proses pendidikan dikatakan tercapai jika siswa dapat membuktikan dengan cukup baik. Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa adalah keinginan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Adapun tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah agar para guru memiliki motivasi menjadi pribadi yang berkarakter. Diantara faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi guru. Karena guru memberikan motivasi, minat siswa untuk belajar lebih lanjut untuk mencapai cita-cita. Metode yang dilakukan adalah ekperimen dengan memberikan pelatihan kepada guru di SMK Pembangunan Jaya Yakapi. Hasil pelatihan ini adalah bahwa peran guru yang berkarakter mempengaruhi pendidikan karakter. Guru berfungsi sebagai contoh dan panutan nyata bagi siswa di sekolah maupun di masyarakat. Guru yang mempunyai karakter yang baik dapat berkontribusi terhadap pendidikan karakter peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afifah Khoirun Nisa. (2019). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDIT THE ROLE OF TEACHERS IN CHARACTER EDUCATION OF STUDENTS IN SDIT ULUL. Jurnal
Hanata Widya, 8(2), 13–22.
Andi, S., Pangkep, M., Jawa, I., & Javanese, T. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Ratnawati STMIK AKBA Email : ratnawati@akba.ac.id Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1–11.
Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa …. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152.
BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Madya, I., & Karsa, M. (2020). Guru Berkarakter Untuk Pendidikan Karakter di Sekolah. AoEJ: Academy of Education Journal, 11(01), 63–74.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, vol.9(No.3 Juli 2015), 464–468.
Rahmadani, R., & Neviyarni. (2021). Pendidikan Karakter Cerdas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Nomor 1), 551–557.
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 7164–7169.
Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter dan Pendidik Yang Berkarakter. 5(Nomor 1), 43–51.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.