Pelatihan Motivasi Guru Menuju Pribadi yang Berkarakter

Lasia Agustina(1), Nurhayati Nurhayati(2*), Indra Martha Rusmana(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang guru harus memiliki sifat profesional, yang termasuk, tetapi tidak terbatas pada, mempunyai tanggung jawab dalam bekerja, mempunyai tingkat kepercayaan diri yang baik, dapat dipercaya, serta bisa saling menghargai dengan orang lain. Diantara sifat profesional yang paling utama yaitu kesungguhan/kesediaan dalam usaha memajukan sekolah. Motivasi guru memiliki pengaruh besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Diantara cirinya adalah bahwa proses pendidikan dikatakan tercapai jika siswa dapat membuktikan dengan cukup baik. Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa adalah keinginan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Adapun tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah agar para guru memiliki motivasi menjadi pribadi yang berkarakter. Diantara faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi guru. Karena guru memberikan motivasi, minat siswa untuk belajar lebih lanjut untuk mencapai cita-cita. Metode yang dilakukan adalah ekperimen dengan memberikan pelatihan kepada guru di SMK Pembangunan Jaya Yakapi. Hasil pelatihan ini adalah bahwa peran guru yang berkarakter mempengaruhi pendidikan karakter. Guru berfungsi sebagai contoh dan panutan nyata bagi siswa di sekolah maupun di masyarakat. Guru yang mempunyai karakter yang baik dapat berkontribusi terhadap pendidikan karakter peserta didik.


Keywords


Motivasi Guru, Berkarakter

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah Khoirun Nisa. (2019). PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDIT THE ROLE OF TEACHERS IN CHARACTER EDUCATION OF STUDENTS IN SDIT ULUL. Jurnal

Hanata Widya, 8(2), 13–22.

Andi, S., Pangkep, M., Jawa, I., & Javanese, T. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Ratnawati STMIK AKBA Email : ratnawati@akba.ac.id Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 1–11.

Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa …. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152.

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Madya, I., & Karsa, M. (2020). Guru Berkarakter Untuk Pendidikan Karakter di Sekolah. AoEJ: Academy of Education Journal, 11(01), 63–74.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, vol.9(No.3 Juli 2015), 464–468.

Rahmadani, R., & Neviyarni. (2021). Pendidikan Karakter Cerdas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Nomor 1), 551–557.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 7164–7169.

Tyas, E. H. (2016). Pendidikan Karakter dan Pendidik Yang Berkarakter. 5(Nomor 1), 43–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.