Pendampingan Perbaikan Bacaan Al-Quran di Majlis Kaum Ibu Al-Qurani Cawang

Ifham Choli(1*), Marliza Oktapiani(2), Mu'allimah Rodhiyana(3)

(1) Universitas Islam As Syafi'iyah
(2) Universitas Islam As syafi'iyah
(3) Universitas Islam As syafi'iyah
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan penyampaian materi Pelajaran tajwid yang diberikan kepada majlis ta’lim kaum ibu sebagai bentuk pengaabdian kepada masyarakat serta mengikuti kegaiatan belajar membaca Al Qur’an dimasyarakat dengan tartil pada masyarakat di sekitar RW 010 kelurahan Cawang. Dalam pengabdian ini dikhususkan bagi ibu-ibu di wilayah RW 010 kelurahan Cawang, Jakarta Timur Dimana dalam membaca Al Qur’an masih mengalami kesulitan dalam hukum bacaannya sehingga masih membutuhkan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tutorial penyampaian materi-materi terkait masalah ilmu tajwid yang dilanjutkan dengan praktek membaca al-Qur’an secara langsung oleh para peserta pengabdian. Waktu pelaksanaan pengabdian ini yaitu pada semester ganjil 2023/2024 sebanyak dua kali pertemuan dalam seminggu tepatnya setiap hari senin malam dan selasa malam, 18 September 2023 sampai dengan 6 Februari 2024. Tempat pelaksanaan pengabdian di Majlis Al-Qur’ani RT 001/010 kelurahan Cawang, kecamatan Kramat Jari, Jakarta Timur. Hasil dari kegiatan yang dilakukan menunjukkan bahwa dengan adanya pembelajaran tahsin membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar bagi Masyarakat di wilayah RW 010 kelurahan Cawang, menjadikan para peserta memahami betapa pentingnya ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an sebagai salah satu syarat agar dapat membaca dengan baik dan benar. Para peserta pengabdian memiliki pemahaman ilmu tajwid yang semakin baik setelah mengikuti program Tahsin yang telah dilaksanakan.


Keywords


Pendampingan, Tahsin Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Kaum Ibu

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


’Aini, A. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Pelajaran Hukum Tajwid. MULTINETICS, 7(1). https://doi.org/10.32722/multinetics.v7i1.3477

Ahmad Salihin Nasaruddin, L. A. M. (2022). Sejarah Pemeliharaan dan Pemuliharaan Mushaf al-Quran. Journal of Al-Quran and Al-Sunnah, 7(2).

Anggriani Rambe, A., Nurkholiza, S., & Rahma, F. (2020). Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.56114/maslahah.v1i2.59

Chalimatus Sa’dijah. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 11(2). https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.100-123

Eddy Saputra, Arifin, M., & Muhajir, A. (2022). Pembekalan Motivasi dan Muhasabah Serta Muroja’ah Para Penghafal Qur’an di Yayasan Arrahmani Ciputat Tangerang Selatan Banten. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 2(2). https://doi.org/10.46257/jal.v2i2.458

Fadlilah, Y., & Abidin, Z. (2021). Implementasi Media Tajwid Putar dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(2). https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3479

Hakim, L., Nizar, A., Zaini, A., & Prasetiya, B. (2022). MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE TAJWID DI TPQ DARUL ULUM HIDAYATULLAH KOTA PROBOLINGGO. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2). https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.318

Ishaq, A. H., & Nawawi, R. (2017). ILMU TAJWID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ILMU QIRA’AH. QOF, 1(1). https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926

Maiyurita, M., Simbolon, Z. K., & Prihatin, N. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN TAJWID MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD BERBASIS ANDROID. Jurnal Infomedia, 1(1). https://doi.org/10.30811/.v1i1.287

Mohd Nawi, M. Z., & Mohamed Noor, M. A. (2021). Meningkatkan Kemahiran Mengingat Lima Hukum Asas Tajwid Dalam Tilawah Al-Quran. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0301.200

Rouf, A. (2019). Al-Quran dalam Sejarah (Diskursus Seputar Sejarah Penafsiran al-Qur’an). Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 1(1). https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i1.1

Suwarni, S. (2021). Peningkatan Prestasi Membaca Al-Quran Siswa dengan Metode Manajemen Kemitraan di SDN 003 Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.575




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.