Pengembangan Potensi Usaha UMKM sebagai Potensi Desa Wisata di Tengah Pandemi Covid-19 di Wilayah Desa Lebih Beten Kelod

Pasek Made Palasatwika Sangging(1*), I Made Shindu Yoga(2)

(1) Universitas Pendidikan Nasional
(2) UNIVERSITAS PENDIDIKAN NASIONAL
(*) Corresponding Author

Abstract


Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keragaman, keunggulan dan keunikan dari setiap bagian daerahnya. Hal ini menjadi suatu daya tarik yang dapat di kembangkan untuk menjadikan suatu daerah menjadi daerah wisata. Dalam hal ini memerlukan pengelolaan sarana dan prasarana yang optimal. Desa Lebih Beten Kelod merupakan daerah pesisir, yang terletak di kabupaten Gianyar yang di dominsi Masyarakat bermata pencarian nelayan. Perunya pengelolaan hasil tangkapan menjadi produk yang memiliki nilai jual. Dimana sebelumnya Masyarakat sudah membuka UMKM Kuliner dengan menonjolkan ciri khas masakan desa lebih yang berbeda dengan daerah lain namun belum optimal dalam pemasaranya. Perlunya sosialisasi, pendampingan, dan monitoring dalam pemasaran produk UMKM desa lebih. Di masa pandemi ini menimbulkan permasalahan baru yaitu menurunya tingkat beli Masyarakat. Perlunya inovasi dalam mempermudah penjualan produk umkm. Dalam segi pemasaran produk melakukan Kerjasama dengan aplikasi gofood untuk dan melakukan pemasaran online. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan UMKM tentang pemasaran online dari 25% mengalami peningkatan 75%, meningkatnya pengetahuan tentang pengelolaan aplikasi  gofood  dari 0% meningkat menjadi 75%. Dan teknik menentukan market yang sebelumnya 30% meningkat menjadi 80%.


Keywords


Pengembangan Desa Wisata; Usaha UMKM; Pemasaran Produk

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budhi P G, Ayu Krishna Y, Netti Siska N (2020). PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Donny Anhar F, Muh. Isna Nurdin W, Rosalina G. (2018). Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengembangan Desa Wisata di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Journal of Dedicators Community UNISNU JEPARA.

Dewa Gede Eka Setiawan, Sri Nuryatin Hamzah (2020) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DANAU LIMBOTO MELALUI PENGOLAHAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) MENJADI PRODUK UNGGULAN KKN-PPM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sahabudin Sidiq, Yulianto Purwono Prihatmaji (2017). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA NGLINGO DALAM MENDUKUNG KULON PROGO THE JEWEL OF JAVA. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship.

Faris Zakaria, Rima Dewi Suprihardjo (2014). Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. JURNAL TEKNIK POMITS.

I MADE ADI DHARMAWAN, I MADE SARJANA, I DEWA AYU SRI YUDHARI (2014). Strategi Pengembangan Desa Wisata Di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata.

Dinar Pratama (2019). Gerakan Desa Sadar Wisata: Pengabdian Pada Masyarakat Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah Al-Quwwah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.22353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.