Lokakarya Merancang dan Memandu Refleksi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Hendro Prasetyono(1*), Vinandri Hapsari(2), Anna Nurfarkhana(3), Ira Pratiwi Ramdayana(4), Tulus Widjajanto(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Lokakarya merancang dan memandu refleksi merupakan salah satu bagian dari Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 di Kota Bekasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah peserta secara mandiri menggunakan pembelajaran untuk merancang dan memandu refleksi dalam kegiatan komunitas belajar untuk pengembangan kompetensi secara berkelanjutan. Metode pelaksanaan menggunakan ceramah, diskusi dan pengerjaan lembar kerja. Kegiatan dilaksanakan di STMIK Bani Saleh Kota Bekasi pada 14 April 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang yang terdiri atas pengawas sekolah, kepala sekolah dan perwakilan guru yang berasal dari 5 Sekolah Menengah Atas (SMA). Agenda lokakarya sebagai berikut: pembukaan, pembelajaran mandiri terbimbing: belajar dari pengalaman, umpan balik pembelajaran mandiri terbimbing, persiapan memfasilitasi refleksi, menyusun rencana moderasi sesi refleksi, identifikasi tantangan dalam membangun budaya refleksi, merumuskan solusi alternatif tantangan dalam membangun budaya refleksi, refleksi merancang dan memandu refleksi, berbagi praktik baik komite pembelajaran, refleksi komite pembelajaran, dan penutup. Hasilnya: peserta mampu memetakan dan menyusun pertanyaan kunci refleksi dalam atmosfer yang positif; Peserta mampu menyusun rencana moderasi sesi refleksi; Peserta mampu mengidentifikasi tantangan yang mungkin terjadi dalam membangun budaya refleksi, Menyusun pertanyaan kunci refleksi dalam atmosfer yang positif; Menyusun rencana moderasi sesi refleksi. Rekomendasi untuk kegiatan ini adalah para pengawas, kepala sekolah dan guru dapat menyebarluaskan hasil lokakarya ini kepada guru-guru lain.

 


Keywords


Sekolah Menengah Atas; guru; Kepala Sekolah; Program Sekolah Penggerak; Kota Bekasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albert, S., & Grzeda, M. (2015). Reflection in Strategic Management Education. Journal of Management Education, 39(5), 650–669. https://doi.org/10.1177/1052562914564872

Guspatni, Andromeda, & Bayharti. (2018). Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 101–107.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, XXII(1), 65–71.

Huffmire, D. W., & Holmes, J. D. (2006). Handbook of Effective Management: How to Manage or Supervise Strategically. Praeger.

Ismayanti, Muhammad Arsyad, & Dewi Hikmah Marisda. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–32.

Kemdikbud Ristek. (2021). Modul Pendampingan Kelompok Rencana Moderasi Penguatan Komite Pembelajaran: Merancang dan Memandu Refleksi (Vol. 3).

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 800–807. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Character-Based Economic Learning Implementation And Teacher’s Reinforcement On Student’s Affective Competence In Minimizing Hoax. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435.

Prasetyono, H., Ayuning, D., Ramdayana, I. P., & Hapsari, S. (2023). Improving Teacher Communication Skills Through Personality Variables and Perceptions of The Social Environment. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 847–858. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202353

Prasetyono, H., Mursito, H., & Nurranto, H. (2022). The Effectiveness of Distance Learning at High School Level in the New Normal Period. Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA), 2(3), 1297–1314.

Prasetyono, H., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., Anita, T., & Hikmah, N. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111

Prasetyono, H., Ramdayana, I. P., & Estiningsih, W. (2020). Peningkatan Kinerja Guru SMK melalui Lingkungan Kerja dengan Mengoptimalkan Efektifitas Kepemimpinan dan Komitmen Tugas. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 255–266.

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Puspita, D. V., & Astuti, E. Z. L. (2021). Praktik Baik Pemberdayaan Difabel oleh kelompok Difabel Desa Makmur Jati Mandiri. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 22(2), 98–109.

Raden Rizky Amaliah, Abdul Fadhil, S. N. U. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’an, 10(2), 119–131.

Rahman, B. (2018). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Sasmito, S. (2021). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler: Sebuah Praktik Baik. Indonesia Journal of Educational Development, 2(3), 524–533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650

Ulfah, M. (2012). Optimalisasi hasil belajar IPA tentang sistem gerak pada manusia melalui metode diskusi dengan tehnik pembelajaran tutor sebaya. Dinamika, 3(1), 19–24.

White, C. (2004). Strategic Management. PALGRAVE MACMILLAN.

Yuliyanto, E., Fatichatul Hidayah, F., Perdana Istyastono, E., & Wijoyo, Y. (2018). Analisis Refleksi Pada Pembelajaran: Review Reasearch. Seminar Nasional Edusainstek ISBN : 978-602-5614-35-4 FMIPA UNIMUS 2018, 30–37.

Zafira, H., Artharina, F. P., & Artikel, I. (2017). Pengembangan Media Wayang Tematik Pada Tema Indahnya Negeriku Sebagai Pendukung Scientific Approach Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 9–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i2.22348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.