PKM Pembelajaran THTQ dengan Metode Talaqqi dan Muaraja’ah di SDIT Bina Insani Muslim
(1) 
(2) Universitas 45 Bekasi
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menilai apakah terdapat perbedaan dalam pencapaian hafalan Al-Qur'an pada mitra pengabdian yang menerapkan metode Talaqqi dan mura’jaah pada pembelajaran THTQ. Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah kelas IV SD IT Bina Insani Muslim. Berdasarkan hasil analisis, ada masalah yang perlu diselesaikan yang menyebabkan proses belajar mengajar THTQ menjadi kurang efektif. Permasalahan-permasalahan ini adalah sebagai berikut: 1)Target masih belum optimal. 2)Masih membutuhkan pendampingan karena berbeda-beda pencapaian target THTQ. Maka tim abdimas mengadakan pembelajaran dengan metode talaqqi dan muraja’ah, Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SD IT Bina Insani Muslim, yang terletak di kelurahan Jatimulya, kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Siswa kelas IV yang terdiri dari 28 siswa adalah mitra pengabdian. Pengabdian ini dilaksanakan selama 1 bulan tepatnya 2 Mei s/d 5 Juni 2023. Metode talaqqi yang diterapkan pada kelas IV SD IT Bina Insani Muslim, mengacu pada pendekatan 4 M: menerangkan, mentalaqikan, menyimak dan mengevaluasi. Evaluasi dibantu dengan cara asistensi siswa yang dilakukan secara kolaboratif dibawah bimbingan guru. Sedangkan metode muraja’ah hafalan lama dilaksanakan sebelum menambah hafalan baru yang dibaca secara klasikal. Hasil dari pengabdian ini berdasarkan chart menunjukkan evaluasi THTQ (5 surah pada juz 30 ) diketahui adalanya peningkatan tetapi tidak tertalu besar.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353
Elkarimah, M. F. (2019). Manajemen Pendidikan di Rumah Qur’an SDIT Bina Insani Muslim Jatimulya Bekasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.30998/sap.v3i3.3599
Elkarimah, M. F. (2022). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Kitab Ala La Di Pondok Pesantren Hayatinnur Bekasi. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.454
Elkarimah, M. F., & Sutisna, U. (2021). Pendampingan pengajaran Metode Iqro’ untuk guru-guru di TPA Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 178–184. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4059
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Mukhlasoh, I. A., Hasani, S., & Kustanti, R. (2023). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Tahsin Qiro’atil Qur’an Bagi Anak Usia Dini Di Tkq Miftahurrahmah. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 17–33.
Noviana, A., & Muharam, A. A. S. (2021). Program Tahsin Al-Qur’an dalam Mengembangkan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(51), 1–8. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.
Syafril, S., & Yaumas, N. E. (2021). Sustainable Development: Learning the Quran Using the Tartil Method. Al-Ta Lim Journal, 28(1), 1–8. https://doi.org/10.15548/jt.v1i1.673
Tsalitsa, A., Putri, S. N., Rahmawati, L., Azlina, N., & Fawaida, U. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat SMA. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 105. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22291
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.