PKM Pembelajaran THTQ dengan Metode Talaqqi dan Muaraja’ah di SDIT Bina Insani Muslim

Mia Fitriah Elkarimah(1*), Nazriyah Nazriyah(2)

(1) 
(2) Universitas 45 Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menilai apakah terdapat perbedaan dalam pencapaian hafalan Al-Qur'an pada mitra pengabdian  yang menerapkan metode Talaqqi dan mura’jaah pada pembelajaran THTQ. Mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat adalah kelas IV SD IT Bina Insani Muslim. Berdasarkan hasil analisis, ada masalah yang perlu diselesaikan yang menyebabkan proses belajar mengajar THTQ menjadi kurang efektif. Permasalahan-permasalahan ini adalah sebagai berikut: 1)Target masih belum optimal. 2)Masih  membutuhkan  pendampingan  karena berbeda-beda pencapaian target THTQ. Maka tim abdimas mengadakan pembelajaran dengan metode talaqqi dan muraja’ah, Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SD IT Bina Insani Muslim, yang terletak di kelurahan Jatimulya, kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Siswa kelas IV yang terdiri dari 28 siswa adalah mitra pengabdian. Pengabdian ini  dilaksanakan  selama 1 bulan  tepatnya 2 Mei s/d  5 Juni 2023. Metode talaqqi yang diterapkan pada kelas IV SD IT Bina Insani Muslim, mengacu pada pendekatan 4 M: menerangkan, mentalaqikan, menyimak dan mengevaluasi. Evaluasi dibantu dengan cara asistensi siswa yang dilakukan secara kolaboratif dibawah bimbingan guru. Sedangkan metode muraja’ah hafalan lama dilaksanakan sebelum menambah hafalan baru yang dibaca secara klasikal. Hasil dari pengabdian ini berdasarkan chart menunjukkan evaluasi THTQ (5 surah pada  juz 30 ) diketahui adalanya peningkatan tetapi tidak tertalu besar.


Keywords


THTQ, Talaqqi, Muraja’ah, kelas IV SD IT Bina Insani Muslim

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Diah Utami, R., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 185. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.7353

Elkarimah, M. F. (2019). Manajemen Pendidikan di Rumah Qur’an SDIT Bina Insani Muslim Jatimulya Bekasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.30998/sap.v3i3.3599

Elkarimah, M. F. (2022). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Kitab Ala La Di Pondok Pesantren Hayatinnur Bekasi. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.454

Elkarimah, M. F., & Sutisna, U. (2021). Pendampingan pengajaran Metode Iqro’ untuk guru-guru di TPA Hayatinnur Tambun Selatan Bekasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 178–184. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4059

Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140

Mukhlasoh, I. A., Hasani, S., & Kustanti, R. (2023). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Upaya Meningkatkan Tahsin Qiro’atil Qur’an Bagi Anak Usia Dini Di Tkq Miftahurrahmah. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 17–33.

Noviana, A., & Muharam, A. A. S. (2021). Program Tahsin Al-Qur’an dalam Mengembangkan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(51), 1–8. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/innovatio.v19i1.78

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Syafril, S., & Yaumas, N. E. (2021). Sustainable Development: Learning the Quran Using the Tartil Method. Al-Ta Lim Journal, 28(1), 1–8. https://doi.org/10.15548/jt.v1i1.673

Tsalitsa, A., Putri, S. N., Rahmawati, L., Azlina, N., & Fawaida, U. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat SMA. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 105. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i3.22291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.