Optimalisasi Kreativitas Pendidik melalui Pendekatan Efikasi Diri di SMP Islam Al-Hikmah Jakarta
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Optimalisasi Kreativitas Pendidik melalui Pendekatan Efikasi Diri di SMP Islam Al-Hikmah Jakarta ini, bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan pendidik, sehingga pendidik mampu meningkatkan kreativitas kerjanya melalui efikasi diri dalam memaksimalkan sistem pembelajaran dan potensi yang ada. Permasalahan yang terdapat di SMP Islam Al Hikmah adalah pendidik belum dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara terpadu dalam meningkatkan kreativitas kerja, terutama melalui efikasi diri. Permasalahan lainnya diketahui juga bahwa lembaga pendidikan terkait belum dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi, serta keterampilan pendidik dan peserta didik tersebut sepenuhnya. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Simpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidik SMP Islam Al-Hikmah menyadari akan pentingnya pengembangan kompetensi dan keterampilan secara terpadu, terutama dengan melakukan peningkatan kreativitas kerja melalui efikasi diri. Pengembangan keterampilan kreatif dan penguatan efikasi diri, serta pemenuhan fasilitas pembelajaran dari lembaga pendidikan terkait, dapat menjadi kan peserta kegiatan sebagai agen perubahan untuk menciptakan sumber daya manusia unggul dan bermutu dalam menghadapi dinamika pendidikan kontemporer
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abrar, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 53 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Nita, N. K. A. A., & Agustika, G. N. S. (2023). Efikasi Diri dan Regulasi Diri Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa.
Catharina, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pemanfaatan Limbah Pabrik Tahu Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik.
Handini, O., & Soekirno, S. (2020). Hubungan Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Pengembangan Diri terhadap Komunikasi Antar Pribadi (Penelitian pada Guru Sekolah Dasar Gugus IX Kota Surakarta). Journal Research Fair Unirsri, 4(1), 136143. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/3395
Manurung, S., Hidayat, R., Patras, Y. E., & Fatmasari, R. (2018). Peningkatan Efektivitas Kerja melalui Perbaikan Pelatihan, Penjaminan Mutu, Kompetensi Akademik dan Efikasi Diri dalam Organisasi Pendidikan. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 6985. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-04
Mulyoto, dkk. (2023) Kreativitas Guru di Era VUCA : Literatur Review secara Sistematis dan Analisis Bibliometric. EDUKARYA. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/EDUKARYA/article/view/2191/1481
Mustika, H., Eliyana, A., Agustina, T. S., & Ratnasari, R. T. (2020). Knowledge Sharing Behavior between Self-Leadership and Innovative Behavior. Journal of Security and Sustainability Issues, 9(May), 148157. https://doi.org/10.9770/JSSI.2020.9.M(12)
Nurhikmah, H., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kreatifitas Kerja Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cibungbulang. Primer Edukasi Journal, 1(2), 60-67.
Oktavia, Y. (2020). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 808-815.
Putra, A. E., Hidayat, R., & Sarimanah, E. (2023). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru melalui Motivasi Kerja Kepribadian dan Kepemimpinan Visioner. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 136-148.
Sari, S. R., & Digdowiseiso, K. (2022). Empowering Leadership dalam Peningkatan Kreativitas Karyawan. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(1), 11-20.
Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125-132.
Uma, B. (2022). Pengertian Kreatif dan Kreativitas. Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Universitas Medan Area. https://bamai.uma.ac.id/2022/04/12/pengertian-kreatif-dan-kreativitas/
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i2.22231
Refbacks
- There are currently no refbacks.




