Lokakarya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Program Sekolah Penggerak

Hendro Prasetyono(1*), Anna Nurfarhana(2), Tri Anita(3), Ira Pratiwi Ramdayana(4), Iin Asikin(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi pengawas, kepala sekolah dan perwakilan guru yang tergabung di komite pembelajaran dalam hal proses belajar implementasi kurikulum merdeka di Kota Bekasi. Tujuan pembelajaran adalah peserta mengenal gambaran Program Sekolah Penggerak; peserta dapat mengidentifikasi dukungan yang diperlukan selama proses kegiatan dan membuat rencana belajarnya; peserta dapat mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang akan muncul saat; program berlangsung; peserta dapat merencanakan proses belajar dan komitmen selama mengikuti lokakarya. Pelaksanaan kegiatan berbentuk lokakarya dengan model pembelajaran orang dewasa (andragogi) yang berasal dari sekolah menengah atas dan sekolah luar biasa di Kota Bekasi. Jumlah peserta, yaitu 20 orang yang terdiri atas 4 orang pengawas pembina, 8 orang kepala sekolah dan 8 orang orang guru. Tahapan pelaksanaan menggunakan yaitu mulai dari diri, ekplorasi konsep, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman,koneksi antar materi dan penutup. Pelaksanaan di Hotel Merbabu Kota Bekasi, Provinsi Jawa barat pada tanggal 23 Oktober 2021. Hasil: Kepala sekolah dapat mengidentifikasi dan menceritakan harapan, kekhawatiran; selama program berlangsung; kepala sekolah dapat mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan; kepala sekolah dapat membuat rencana belajar dan komitmen dalam menjalani program lokakarya. Produk yang dihasilkan adalah peta harapan dan kekhawatiran peserta terkait program, rencana belajar peserta, komitmen peserta dalam proses transformasi sekolah. Keterbatasan dalam kegiatan ini, yaitu terdapat sarana dan prasarana yang berfungsi secara optimal.

Keywords


pengawas; guru; kepala sekolah; andragogi; komite pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 26–36.

Didin Kurniadi. (2012). Manajemen Pendidikan, Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Ar-Ruz Media.

Hiryanto. (2017). Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, XXII(1), 65–71.

Jansen in de Wal, J., den Brok, P. J., Hooijer, J. G., Martens, R. L., & van den Beemt, A. (2014). Teachers’ Engagement in Professional Learning: Exploring Motivational Profiles. Learning and Individual Differences, 36, 27–36. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2014.08.001

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran Tutor Sebaya: Solusi Praktis Dalam Rangka Menyongsong Pembelajaran Sastra Yang Menyenangkan Bagi Siswa SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 68–72. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.93

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak, 1 (2021).

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2020). Merdeka Belajar : Kampus Merdeka.

Prasetyono, H., Nurfahana, A., Ramdayana, I. P., Anita, T., & Hikmah, N. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran Program Sekolah Penggerak. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 155. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Sufyadi, S., Anggraena, Y., Arirani, F., & Aji, S. (2021). Pemenuhan beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik dalam implementasi pembelajaran pada program sekolah penggerak.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.