Pendampingan dan Pemberdayaan Peserta Didik Sekolah untuk Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship melalui Kegiatan Festival Kuliner

Dody Riswanto(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Entrepreneurship adalah usaha kegiatan yang berlandaskan pada ide, gagasan, konsep, inovasi, dan kreativitas. Entrepreneurship wajib dimiliki oleh semua orang termasuk peserta didik sekolah. Peserta didik yang berfokus pada materi yang bersifat teoretical sangat memerlukan implementasi teori di lapangan yang bersifat praktikal diantaranya adalah kegiatan festival kuliner. Kegiatan festival kuliner dapat membangun konsep berpikir peserta didik yang mengacu pada pendidikan kewirausahaan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat mitra atau dosen abdimas di SMA Sunda Kelapa adalah 1) Proses membuat masakan yang dimulai dari ide atau tema masakan, penyiapan budgeting keuangan, kerjasama atau kolaborasi dengan wali kelas dan teman sebaya, manajemen konflik pada saat pembuatan makanan dan minuman, merupakan proses tahapan usaha yang dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada peserta didik. 2) Melatih jiwa entrepreneurship pada peserta didik tidak harus dimulai dengan bisnis membuka toko, atau lapak besar yang memakan biaya besar. Jiwa entrepreneurship bisa dilatih melalui ide-ide, gagasan, konsep, inovasi serta kreativitas yang menghasilkan satu kesimpulan yang berujung pada terlaksananya produk atau prototype untuk memulai usaha baru.

 


Keywords


Entrepreneurship; Peserta Didik; Kuliner; Kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Ahmad. Trihastuti & Runtuk. (2013). Analisis Pengaruh Entrepreneurship Education Terhadap Perilaku Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Gema Aktualita, Vol. 2(1), 34-43.

Fayolle A. (2009). Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges. OECD LEED Programme. Universities, innovation and entrepreneurship: Good Practice Workshop.

Frinces, Z. Heflin. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 7(1).

Gangaiah, B. & Viswanath, J. (2014). Impact of Indian Management Education in Developing Entrepreneurial Aspirations and Attitudes Among Management Students. Asia Pacific Journal of Research, Vol. 1(1), 1-10.

Hasan, HA. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Pilar: Kajian Islam Kontemporer, Vol. 11(1), 99-111.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol 4(3), 228-240.

Maguni. (2014). Konsep Pendidikan Kewirausahaan di Masyarakat dalam Membangun Ekonomi. Jurnal Ilmiah Al Adl, Vol. 7(1).

Margahana, H. & Triyanto, E. (2019). 300 Membangun Tradisi Entrepreneurship pada Masyarakat. Jurnal Edunomika, Vol. 3(2), 300-309.

Nagel & Julius. (2016). Pengembangan Jiwa dan Kecerdasan Wirausaha untuk Kemandirian Bangsa. Seminar Nasional IENACO. ISSN: 2337–4349.

Sukidjo. (2011). Membudayakan Kewirausahaan. Majalah Ilmiah Populer Tahun XII. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.