Limbah Sampah Menjadi Ecobrik Guna Membangun Karakter dan Kreativitas Masyarakat Sekolah Dasar

Emy Yunita Rahma Pratiwi(1*), Hawwin Fitra Raharja(2), Muhammad Nuruddin(3), Ratih Asmarani(4), Anggara Dwinata(5)

(1) Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
(2) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
(3) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
(4) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
(5) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
(*) Corresponding Author

Abstract


Sampah merupakan salah satu problem serius bagi berkembangnya suatu bangsa yang maju. Indeks survei dunia telah memberikan hasil bahwa negara Indonesia telah memasuki peringkat kedua setelah China dalam menghasilkan sampah plastik yang mencapai 187,2 ton per hari. Sebagai wujud strategis di dalam mengurangi dampak sampah yang berlebih, maka dibutuhkan adanya startegi konkret dalam pengelolaan sampah agar berdaya guna kreatif dan membangun karakter masyarakat sekolah. Sebagai wujud kegiatan konkret maka dibutuhkan sebuah teknik yang efektif dan efisien dalam pengelolaan sampah. Salah satu teknik yang relevan digalakkan di masyarakat adalah ecobrik. Pelatihan pemanfaatan limbah sampah menjadi ecobrik diharapkan mampu membangun karakter dan kreativitas siswa dalam jangka panjang yang berdampak positif. Adapun tahapan di dalam kegiatan pengelolaan limbah sampah plastik meliputi tahap sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, dan pemanfaatan. Hasil dari sinergi antara Universitas Hasyim Asy’ari Jombang dan SDN Jombatan 6 Jombang memberikan sebuah hasil yang positif bahwa dengan adanya kegiatan pengelolaan sampah menjadi ecobrik dapat menjadi wujud kegiatan positif antar lembaga pendidikan. Luaran proyek dari kegiatan ini adalah mengumpulkan limbah sampah dengan bahan dasar botol plastik diolah menjadi meja dan kursi yang dapat difungsikan dalam memperindah lingkungan sekolah.

Keywords


Ecobrik; Karakter; Sampah Plastik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Dwinata, A., Asmarani, R., Sarumaha, M. S., Hikmah, N., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Program Market Day Sebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2571–2580.

Fauzi, M., & Sumiarsih, E. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan ecobrik sebagai upaya mengurangi sampah plastik di Kecamatan Bunga Raya. Jurnal of Empowerment, 3(2), 87–96.

Fauzi, M., Sumiarsih, E., Adriman, A., Rusliadi, & Hasibuan, I. F. (2020). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan ecobrick sebagai upaya mengurangi sampah plastik di Kecamatan Bunga Raya. Riau Journal of Empowerment, 3(2), 87–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31258/raje.3.2.87-96

Hamda, N. (2017). Masyarakat dan Sosialisasi. Jurnal Ittihad, 12(22), 107–115.

Pratiwi, C. A. (2021). Kerja Sama Bilateral Indonesia Denmark Dalam Circular Economy Dan Manajemen Pengolahan Sampah Tahun 2018-2019. (MJIR) Moestopo Journal International Relations, 1(2), 127–136.

Purwanti, D. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516.

Sartika, A., Oktarianita, & Padila. (2021). Penyuluhan terhadap Pengetahuan Remaja tentang PKPR. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 171–176.

Sitepu, A. S. M. B. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Bogor: Guepedia.

Susilowati, Y., Kusumastuti, N. A., Fadhilah, N., & Nurubaidilah, S. (2021). Pembentukan Karakter Remaja Peduli Lingkungan Melalui Program Kurangi Sampah Sekolah Kita. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2909–2918.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.20618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.