Dalam pembelajaran media pembelajaran memiliki peran yang sentral. Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu guru dalam pembelajaran. Di satu sisi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran juga akan mempengaruhi peserta didik dalam memahami mater pembelajaran yang disampaikan. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Akan tetapi terjadinya pandemi Covid-19, ikut mempengaruhi penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran. Salah satunya ialah kian umumnya penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bentuk media pembelajaran digital. Media pembelajaran berbasis TIK dalam bentuk digital saat ini cukup diminati oleh guru maupun peserta didik. Hal ini dikarenakan media pembelajaran digital memiliki sifat fleksibilitas, yaitu dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Namun permasalahannya tidak semua guru dapat membuat media pembelajaran berbasisi TIK. Hal ini dikarenakan pengetahuan mengenai pembuatan media pembelajaran berbasisi teknologi masih sedikit. Salah satu SMA di Kota Depok yang mengalami kendala tersebut ialah SMAIT As Shof. Dimana para guru di SMAIT As Shof tidak semua mampu membuat media pembelajaran berbasisi teknologi yang kreatif. Padahal pembuatan media pembelajaran berbasisis TIK ternyata banyak jenisnya. Salah satunya dapat menggunakan media pembelajaran Wordwall yang notabene umum digunakan para guru. Dengan demikian PelatihanPembuatan Media Pembelajaran menggunakan Wordwall bagi Para Guru SMIT As Shof sangat perlu dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru saat ini atau di masa depan.
Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 3(3), 10–20. file:///C:/Users/WINDOWS 10/Downloads/Documents/61-Article Text-540-1-10-20191223.pdf
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Sudanta, I. W. (2015). Efektivitas Kegiatan PelatihanDalam Meningkatkan Kemampuan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm). Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 14(27), 75–84. https://doi.org/10.32795/ds.v14i27.49
Editorial Office: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071