Perancangan dan Pengembangan Masterplan Masjid dan Gedung Yayasan Bayt Al Furqon

Rizaldi Lufti(1), Nia Suryani(2*), Fery Mulya Pratama(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Yayasan Bayt Al Furqon hadir sebagai Yayasan yang berkhidmat pada bidang social, dakwah, dan Pendidikan Islam. Di YBAF ini pun diterapkan prinsip-prinsip pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat yang terbentuk sebagai sarana untuk mengelola dan mengembangkan Pendidikan Islam. YBAF ini berdiri berlandaskan pada Quran dan Assunah dengan pemahaman Slaful Ummah (Ahlu Sunnah Wal Jamaah) yang memiliki tujuan khusus untuk melahirkan generasi yang memiliki motivasi dan kemandirian sehingga bisa menjadi teladan bagi lingkungan dimana pun mereka berada. YBAF terdiri dari dua massa bangunan yakni Masjid Al Furqon dan TPA Al Furqon yang dalam kondisi sekarang memiliki urgensi untuk dilakukan pengembangan karena dua bangunan ini sudah tidak bisa menampung kebutuhan ruang dari penggunanya. YBAF memiliki keinginan untuk memakmurkan Masjid Al Furqon agar dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar khususnya di wilayah Cibodas Baru. YBAF pun berharap masjid bukan hanya dijadikan sebagai tempat beribadah namun juga dijadikan pusat diskusi atau musyawarah serta interaksi sosial dan pemberdayaan masyarakat (hablun min annas). Sedangkan untuk TPA Al Furqon ini ada harapan untuk mengembangkannya menjadi sekolah formal agar jauh lebih bisa bermanfaat bagi masyarakat sehingga membutuhkan penataan ulang atau perancangan pengembangan dari seluruh masterplan YBAF ini supaya tidak adanya tumpang tindih dan perencanaan pengembangan bisa sinergis dengan aksi yang dilakukan oleh masyarakat

Keywords


Perancangan; Masjid; Sekolah;Masyarakat

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adiwirawan, E. (2017). Relasi Spasial Antara Kegiatan Ritual Ibadah Berjamaah Dengan Arsitektur Mesjid Di Bandung Studi Kasus: Masjid Cipaganti, Masjid Salman, Dan Masjid Al Irsyad. Idealog: Ide Dan Dialog Desain Indonesia, 2(1), 1-19.

Barliana, M. S. (2008). Perkembangan arsitektur masjid: suatu transformasi bentuk dan ruang. Historia, 9(2).

Untung, S. (2019). Masjid dan Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(2), 227-247.

Vidiyanti, C., Siswanto, R., & Ramadhan, F. (2020). Pengaruh bukaan terhadap pencahayaan alami dan penghawaan alami pada masjid al ahdhar bekasi. Jurnal Arsitektur Zonasi, 3(1), 20-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i6.19570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.