Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas di MGMP Fisika Kabupaten Karawang

Popi Purwanti(1*), Dasmo Dasmo(2), Yoga Budi Bhakti(3), Nurjanah Nurjanah(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu bentuk pengembangan kompetensi guru adalah dengan mengembangkan keterampilan penelitian guru, khususnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proposal PTK adalah tahapan awal proses analisis yang dilakukan secara berulang dan memiliki sifat mandiri. Berdasarkan koordinasi dengan Ketua MGMP Fisika Kabupaten Karawang, perlu diadakan pendampingan penyusunan dan penulisan proposal PTK. Dengan pendampingan pembuatan PTK, diharapkan kualitas pembelajaran guru di kelas meningkat yang juga bermuara pada peningkatan kualitas pengajaran. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa terdapat banyak faktor yang mempengaruhi sehingga banyak guru yang tidak mengerjakan PTK. Pelaksanaan PkM ini dilakukan melalui lima tahapan yaitu pengamatan (observasi), identifikasi masalah mitra, persiapan kegiatan (dokumentasi dan sosialisasi), pelaksanaan kegiatan inti (pendampingan) dan evaluasi kegiatan tentang pemerolehan hasil selama pelaksanaan sampai dengan tindak lanjut pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemahaman guru meningkat baik secara teoretik maupun praktik terkait dengan pembuatan proposal PTK. Dapat dikatakan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim PkM tergolong berhasil.


Keywords


Pendampingan, Penulisan, Proposal PTK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19.

Azizah, A., & Fatamorgana, F.R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3 (1), 15-22.

Gumay, O. P. U. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi KKG Gugus 12 Kota Lubuklinggau. Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 66-72.

Handayani, S.L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (1), 8-13.

Joni, R.T. (2011). Penelitian Tindakan Kelas: Beberapa Permasalahan. Bogor: PCP. PGSM Ditjen Dikti Depdikbud.

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Pramusinto, H., Murniawaty, I., Purasani, H. N., & Suryani, N. (2019). Pengembangan kompetensi menulis artikel hasil PTK guru ekonomi SMA Kabupaten Semarang. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 14-18.

Prihatni, R., Sumiati, A., & Wulan, T.S. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru-guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 8 (1), 112-123.

Rusdarti, R., Slamet, A., & Prajanti, S. D. W. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Pembuatan Publikasi Ilmiah Melalui Workshop dan Pendampingan Bagi Guru SMA Kota Semarang. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 16(2), 271-280.

Sukanti, S. (2008). Meningkatkan kompetensi guru melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suyatno, S. (2002). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Refleksi Pengajaran. PMalanag: UNM Program Pascasarjana Prodi Bahasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.19348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.