Peningkatan Layanan Konsumen melalui Pelatihan SMM ISO 9001:2015 di PT Delta Graha Makmur (Grha Delta)

Galuh Krisna Dewanti(1*), Ridwan Usman(2), Elfitria Wiratmani(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


SMM ISO 9001:2015 dirancang sebagai manajemen sistem kendali untuk membantu instansi dalam mencapai target pemenuhan harapan dan keinginan konsumen dan stakeholder serta capaian persyaratan aturan dan hukum dalam penerapan untuk produk dan pelayanan. Pada manajemen mutu terkait erat dengan fondasi system mutu. Manfaat penerapan Sertifikasi ISO9001:2015 membawa keseimbangan positif instansi. Implementasi sertifikasi manajemen mutu juga menekankan pada pelayanan customer centric, kebutuhan konsumen, konsentrasi terhadap harapan konsumen pada SMM ISO 9001:2015 di PT Delta Graha Makmur (Grha Delta). Pengabdian masyarakat ini menawarkan solusi memberikan pemahaman mengenai standard operational prosedur serta menambahwawasan bagi karyawan dalam upaya meningkatkan sistem kerja yang baik. Dengan prinsip perbaikan terus menerus, meningkatkan citra perusahaan, koherensi, efisiensi dan mengurangi pemborosan, serta memaksimalkan kinerja setiap karyawan di lokasi kerja

Keywords


Manajemen Mutu, Perbaikan Berkesinambungan, ISO

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Crismanto, Y., & , ST., MprocgMgnt, S. N. (2018). Analisis Kesenjangan Terhadap Penerapan Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2015 Pada Cv. Tirta Mangkok Merah. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.33479/kurawal.2018.1.2.73-81

Deniyati. (2018). Production Planning and Inventory Control. Engineering Failure Analysis, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.974

Fitriyna, S. N., Lenggogeni, & Murtinugraha, R. E. (2018). Penerapan Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan Standar ISO 9001 : 2005 (Studi Kasus : Proyek Apartemen Podomoro Golf View Cimanggis). Menara: Jurnal Teknik Sipil, XIII(1), 1–9.

Gandara, G. S., & Hasibuan, S. (2020). Analisis Penerapan Sni Iso 9001:2015 Melalui Jumlah Ketidaksesuaian Produk, Proses Dan Pelayanan Pada Pt. X. Jurnal Standardisasi, 22(3), 171. https://doi.org/10.31153/js.v22i3.833

Gemilang, W. (2018). Perancangan Implementasi ISO 9001 : 2015. 6(2), 349–356.

Liang, X. (2019). Image?based post?disaster inspection of reinforced concrete bridge systems using deep learning with Bayesian optimization. Computer?Aided Civil and Infrastructure Engineering. https://doi.org/10.1111/mice.12425

Putra, M. F., Wiratmani, E., Usman, R., & Pamulang, D. U. (2021). PELATIHAN AWARENESS ISO 9001:2015 DI PT CITRA ABADI SEJATI. 1. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpb/article/view/9781/6177

Wicaksono, S. P., & Wacono, S. (2021). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Terhadap Kinerja Biaya Mutu Pada Proyek UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 18(2), 156–166. https://doi.org/10.30630/jirs.v18i2.620

Zainuddin, D., Wiratmani, E., & Usman, R. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kelurahan Cinere dan Kelurahan Gandul Depok Jawa Barat. Abdimas Universal, 1(2), 1–4. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i2.28




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.17945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.