Lokakarya Identifikasi Sumberdaya Pengembangan Program Sekolah

Hendro Prasetyono(1*), Anna Nurfarkhana(2), Ira Pratiwi Ramdayana(3), Iin Asikin(4), Tri Anita(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh tim penulis sebagai fasilitator dalam Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengawas, kepala sekolah dan guru dalam mengidentifikasi sumberdaya sekolah untuk pengembangan sekolah. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan orang dewasa yang menekankan pada diskusi aktif secara daring menggunakan aplikasi googlemeet dengan akun belajar.id pada tanggal 19 dan 20 Maret 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang yang terdiri atas pengawas sekolah, kepala sekolah dan perwakilan guru yang berasal dari 7 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 1 Sekolah Luar Biasa (SLB). Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan rangkaian Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi dan Refleksi terbimbing, Demonstrasi kontekstual Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi dan Aksi Nyata (MERRDEKA). Hasilnya: Peserta mampu menganalisis aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien; Peserta mampu merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan Pengembangan Komunitas berbasis Aset; Peserta mampu merancang program kecil menggunakan hasil pemetaan kekuatan atau aset yang sudah dilakukan; Peserta mampu menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya. Rekomendasi untuk kegiatan ini adalah untuk selanjutnya diselenggarakan secara luring dan harapannya para kepala sekolah dan guru dapat menyebarluaskan hasil lokakarya ini kepada guru-guru lain.


Keywords


Sekolah Menengah Atas; guru; Kepala Sekolah; Pengawas; sekolah penggerak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna, 10(2), 107–135.

Farhan, W., Razmak, J., Demers, S., & Laflamme, S. (2019). E-learning systems versus instructional communication tools: Developing and testing a new e-learning user interface from the perspectives of teachers and students. Technology in Society, 59(September), 101–192. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101192

Kemdikbudristek. (2022). Program Sekolah Penggerak - Home. Retrieved from https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47

Nurcahyono, N. A., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Lokakarya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) Di Sukabumi, Indonesia. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(01), 11–17. https://doi.org/10.25134/empowerment.v2i01.1743

Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010

Prihantini, Tyara, Dinila, Puspitasari, & Khairunnisa. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(4), 121–126.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the faculty of mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar , Indonesia. Data in Brief, (January), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.17299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.