Peningkatan Kreativitas Guru dalam Penggunaan Praktikum Virtual Phet Simulation pada MGMP Fisika SMA Kabupaten Lebak

Popi Purwanti(1*), Yoga Budi Bhakti(2), Ahmad Jahrudin(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permasalahan mitra yang diidentifikasikan meliputi (1)Kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terutama untuk penunjang praktikum fisika, (2) Pergeseran perubahan proses pembelajaran secara daring di era new normal tahun 2020 memaksakan guru dan siswa untuk belajar secara online dirumah, (3) Guru SMA fisika di Kabupaten Lebak banyak tidak tahu beberapa praktikum virtual yang digunakan untuk mengajar, memfasilitasi dan memotivasi kreativitas guru dan siswa. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini telah membawa perubahan yang signifikan dalam perkembangan dunia pendidikan. Pemanfaatan perkembangan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran fisika. Adapun solusi untuk permasalahan pada mitra yaitu memberikan pelatihan cara pengunaan PhET simulation. Abdimas ini fokus dalam meningkatkan kreativitas guru dalam menggunakan praktikum virtual dengan PhET simulation sehingga praktikum dapat dilaksanakan dirumah dengan online. Metode yang dilakukan adalah ceramah berbasis praktikum online, diskusi dan umpan balik. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan penjelasan tentang cara menggunkan praktikum virtual dengan PhET Simulation. Selanjutnya para guru mendapatkan materi tentang cara menggunakan praktikum virtual dengan PhET simulation. Tindak lanjut abdimas ini adalah peserta membuat lembar kerja praktikum secara mandiri.


Keywords


Peningkatan kreativitas, Guru Fisika, Praktikum Virtual, PhET Simulation

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, Niken & Haryanto,D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. pedoman pembelajaran inspiratif, konstruktif dan prospektif. Jakarta: Prestasi Pustakraya.

Astuti, I. A. D., & Handayani, S. (2018). Penggunaan Virtual Laboratory berbasis PhET Simulation Untuk Menentukan Konstanta Wien. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2).

Bhakti, Y. B., & Napis, N. (2018). The Development Of Guided Inqury Work Sheet For Student With Physics Interactive Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 124-130.

Colquitt, J.A., J. Lepine, M.J. Wesson. (2011). Organizational Behavior, New York: McGraw-Hill.

Finkelstein, et.al. (2005). When Learning About the Real World is Better Done Virtually: A Studi of Substitutung Computer Simulations for Laboratory Equipment. Physics Education Research. APS (1) 1-8.

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi., Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pengembangan Suvervisi Sekolah dan Iklim Organisasi. Jurnal Manahemen Pendidikan. 7(2), 790799.

Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., & Purwanti, P. (2021). Analisis Nilai Sudut Deviasi pada Prisma Menggunakan Software Crocodile Physics 605. Schrodinger: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 1-7.

Mulyasa. (2008), Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. JIPFi Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321327.

Purwanti, Popi Popi, Dasmo Dasmo, and Sri Mayanty. "PELATIHAN LABORATORIUM VIRTUAL CROCODILE PHYSICS 605 PADA MGMP FISIKA SMA KABUPATEN KARAWANG." Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat 5.1 (2022): 37-45.

Saputra, H, D. (2017). Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Kebon Dalem Semarang. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Bandung.

Yusuf, Y. M., Hastuti, K., & Purwanti, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Praktikum Berbasis POE (Predict Observe Explain) Dengan Phet Simulasi Pada Pokok Bahasan Hukum Faraday. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 13-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i3.17223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.