Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Di SMP Muhammadiyah 1 Sukabumi

Arif Setiawan(1*), Gigit Mujianto(2), Deden Ahmad Supendi(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu persyaratan bagi guru untuk meningkatkan pengetahuan mereka adalah menulis karya ilmiah, tetapi banyak guru masih tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya. Tujuan dari latihan ini adalah untuk membantu Muhammadiyah Sukabumi, seorang guru kelas satu, menjadi lebih mahir dalam menulis artikel ilmiah. Di antara pendekatan yang digunakan dalam upaya ini adalah: (1) Berkomunikasi dengan kepala dan instruktur tentang isu-isu yang berkaitan dengan penulisan artikel, (2) pameran ide, (3) pelatihan tentang bagaimana menulis artikel, (4) di samping prosedur penanganan karya, (5) mengevaluasi situasi, dan (6) Artikel ini diterbitkan di SAINTIFIK, sebuah jurnal yang berhubungan dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) distrik Malang Jawa Timur. Penilaian kegiatan mengungkapkan bahwa dari 17 guru yang berpartisipasi dalam pelatihan dan menerima dukungan untuk menulis artikel ilmiah, 15 telah menyelesaikan artikel, 1 hampir selesai, dan 1 masih bekerja pada bagian diskusi / metodologi. Guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukabumi telah mendapat manfaat dari program pelatihan dan sumber daya untuk menulis artikel ilmiah, yang telah memungkinkan mereka untuk menghasilkan lebih banyak artikel berkualitas tinggi, termasuk penelitian dan artikel yang menggambarkan pemikiran dan temuan mereka.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aghittara, A. O. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Melalui Metode Eksplorasi Membaca Siswa Kelas IV. BASIC EDUCATION, 5(30), 2831.

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 2226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum Dan Ilmu Sosial, 2, 146159.

Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2016). Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v3i1.7204

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105114. https://doi.org/https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/777

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 7682. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v14i2.24

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 7081. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Ismail, Muh. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 4463. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 3946. https://doi.org/https://pdfs.semanticscholar.org/55f1/12c119fb09e409b12bae6fd8db60c3309761.pdf

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 4753. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Maghfira, I., Mustar, S., Ifnaldi, I., & Faishol, R. (2022). Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Insentif Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 20(1), 1850.

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273278. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 4550. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Martati, B., & Setyorini, A. (2019). Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(1), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.320

Nalole, M. (2010). Kemampuan guru menerapkan ketrampilan bertanya pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 7(2), 3343. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/viewFile/778/721

Permana, E. P., Mujiwati, E. S., Sahari, S., Santi, N. N., Damariswara, R., Mukmin, B. A., Zunaidah, F. N., Aka, K. A., & Saidah, K. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 5368. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v1i1.11729

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 1925. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i1.448

Setiawan, A., Mujianto, G., & Inam, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 780795.

Setiawan, A., Mujianto, G., & Inam, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Aartikel Ilmiah Guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. JABN, 3(1), 3646. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.91

Setiawan, A., Mujianto, G., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdi, 4(2), 202. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.48353

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Prakoso, A. F., & others. (2017). Pelatihan penulisan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 5159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru Ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162178. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2016). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v1n1.p1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i2.17030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.