Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa sebagai Sarana Mewujudkan Kedaulatan Masyarakat Desa di Desa Sabuhur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut

Muhammad Najeri Al Syahrin(1*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Abstract


Sosialisasi pemilu selama ini masih menggunakan model strategi yang sama untuk semua khalayak, baik para pemilih perkotaan maupuan masyarakat pedesaan. Padahal para pemilih memiliki karakteristik demografi, sosial ekonomi, budaya dan keunikan yang berbeda. Teridentifikasi kesulitan bagi para pemilih di kawasan pedesaan untuk menentukan hak pilih dalam pemilu karena keterbatasan informasi mengenai sistem dan teknis pemilihan kepala desa. Kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan para pemilih memutuskan untuk bersikap abai terhadap pemilu (golput) termasuk juga dalam kegiatan pemilihan kepala desa. Kegiatan ini dilakukan melalui kombinasi metode pendidikan masyarakat dan metode pelatihan. Metode Pendidikan dilakukan dengan metode sosialisasi pada masyarakat desa sehingga mereka bisa menerapkan pengatahuan tersebut dan menggunakan hak pilihnya. Sedangkan metode pelatihan yaitu metode kegiatan yang melibatkan substansi kegiatan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk realisasinya. Dalam metode ini diberikan simulasi latihan mengenai kepemiluan sehingga para pemilih bisa menerapkan tata cara dan praktik pilkades secara lebih teknis. Para penduduk desa yang mengkuti kegiatan sangat antusias mendengarkan pelatihan yang disampaikan, hal ini terlihat dari banyaknya penduduk desa yang bertanya dan ingin mendapatkan penjelasan lebih mendalam tentang bagaimana cara memilih yang baik, termasuk memilih kandidat dalam pemilu.


Keywords


Sosialisasi; pemilihan kepala desa; masyarakat desa; partisipasi

Full Text:

PDF

References


Ahmad. N. (2007). Golput Dalam Pilkada. Kajian Bulanan Edisi 05. Lingkaran Survey Indonesia (LSI). Jakarta. 2007.

Al Syahrin. M. N. (2013). Peran Open Society Foundations (OSF) Terhadap Demokratisasi di Myanmar Pasca Penolakan Hasil Pemilu Myanmar tahun 1990. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Alfayed, D., Dharmono, D., & Riefani, M. K. (2022). Kajian Etnobotani Mahoni (Swietenia mahagoni) di Kawasan Desa Sabuhur Kabupaten Tanah Laut. NECTAR: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 1-8.

Amrizal, D., & Dalimunthe, A. H. (2018). Penanggulangan Golput dalam Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilkada. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Azhar, A. A. (2018). Marketing of Political Communication Created by National Mandate Party (PAN) in General Election 2005-2015, North Sumatra, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(2), 93-106.

Denny, K., & Doyle, O. (2008). Political interest, cognitive ability and personality: Determinants of voter turnout in Britain. British journal of political science, 38(2), 291-310.

Rachman, D., & Syahrin, A. M. N. (2018). Pelatihan Komunikasi Teman SebayaSebagai Upaya Meminimalisasi Bullying Disekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 16 Samarinda. Abdimas Mahakam Journal, 2(2).

Sanit, A. (2008). Sistem politik Indonesia: kestabilan, peta kekuatan politik dan pembangunan.

Sarip, S., Syarifudin, A., & Muaz, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Masyarakat Dan Pembangunan Desa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(1), 10-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.16701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.