Pelatihan Manajemen Sistem Kelistrikan Pendingin Air Conditioning ( AC ) bagi Siswa Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan

Amin Nur Akhmadi(1*), Mukhamad Khumaidi Usman(2), Faqih Fatkhurrozak(3)

(1) Politeknik Harapan Bersama
(2) Politeknik Harapan Bersama
(3) Politeknik Harapan Bersama
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan pemerintah melalui kementrian Pendidikan dan budaya adalah program sekolah menengah kejuruan SMK dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para pencari kerja. Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen Program Studi DIII Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Tegal. Memberikan pengetahuan pemahaman tentang perawatan dan service AC. Memberikan pemahaman tentang cara kerja Air Conditioning ( AC ).  Mengetahui kerusakan dan trouble shooting pada AC yang ringan penangananya. Sebagai penunjang tambahan media dalam pembelajaran tentang teknik sistem pendingin AC melalui perawatan dan perbaikan dengan media peraga. Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk kejuruan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Nu Talang yatiu dengan metode pendekatan, team PKM merumuskan sekolah mana yang ada kompetensi sistem pendingin udara tapi prakteknya masih kurang, team melaksanakan kegiatan PKM pada kompetensi sistem pendingin udara dengan kegiatan dihari pertama melakukan kegiatan tatap muka dikelas dengan memaparkan materi dan teori tentang AC dan dihari kedua team melanjutkan kegiatan di bengkel / lab TKR dengan melakukan praktek dengan alat bantu peraga/stand system pendingin AC. Dengan meningkatkan sumber daya manusia khususnya siswa SMK jurusan Teknik kendaraan Ringan yang memiliki keahlian professional, ketrampilan, pengetahuan, mengenalkan siswa pada pekerjaan perawatan dan service sehingga di saat terjuan ke lapangan sudah ada ketrampilan, mempersiapkan sumber daya manuasia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi dan rekayasa


Keywords


Pelatihan, Management, Kelistrikan, AC, Kejuruan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hidayat,Dayat.2017.Pelatihan Keterampilan untuk meningkatkan Kesempatan kerja di Balai Latihan Kerja kabupaten Karawang, Journal of Education and Community Empowerment Vo 1 ( 1 ) : 55-63

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Survei Keadaan Angkatan Kerja (Sakernas) 2016. Jakarta: BPS.

Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI). 2014. Laporan Akhir. Analisis Lulusan SMK di Pasar Kerja Indonesia.

Subijanto. 2012. Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuaruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.18, NO. 2.

Jusnita, Hasan, Indra., Fauz, M, Ridha., Yuhelson., Japri. (2017). Program bengkel dan pelatihan training otomotif di Kelurahan labuhratu barat Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, vol.1, No.2 ISSN: 2550-0198.

Setiawan, Dedi., Saputra, H, Dani., Chaniago, Muslim. 2019. Keterampilan Membangun Bisnis(Wirausaha) Bengke Sepeda Motor Secara Mandiri Bagi Siswa SMK, vol.20, No.1, pp.21-28.

Effendy,Marwan. 2005. Pengaruh Kecepatan Udara Pendingin Kondensor terhada Koefisien Prestasi Air Conditioning, Jurnal Teknik GELAGAR vol 16 No 1 April 2005., Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp 51-58.

Erzeddin, Alwi., Hidayat., Nuzul, Wanda. 2018. Program Up-grade Skill service sepeda motor bagi mekanik bengkel pemula di Jorong koto Malintang. Pakar Pendidikan, 16 (1), 16-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.15904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.