PELATIHAN PERENCANAAN BERBASIS DATA DAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA SEKOLAH

Hendro Prasetyono(1*), Anna Nurfarkhana(2), Ira Pratiwi Ramdayana(3), Agus Abdillah(4), Iin Asikin(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ini memiliki tujuan agar para pengawas, kepala sekolah dan para guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) terampil melakukan perencanaan berbasis data dan menggunakan platform dalam Merdeka Belajar yang tegabung dalam Program Sekolah Penggerak angkatan 1. Metode pelaksanaan dilaksanakan secara daring selama 2 (dua) hari dengan total 16 Jam Pelajaran (720 menit). Aplikasi daring yang digunakan adalah zoom yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Jumlah peserta 14 orang yang terdiri atas pengawas, kepala sekolah dan perwakilan guru komite pembelajaran yang berasal dari 4 SMA di Kota Bekasi, Jawa Barat. Materi pelatihan pada hari pertama terdiri atas transformasi sekolah dan pendidikan daerah dalam kerangka Merdeka Belajar. Materi hari kedua terdiri atas profil pendidikan, rapor pendidikan, perencanaan berbasis data di satuan pendidikan dan platform teknologi. Hasil pelatihan adalah peserta dapat secara mandiri menggunakan pembelajaran untuk memahami prinsip, tujuan dan metode perencanaan berbasis data, kerangka dan struktur profil pendidikan dan indikator dalam profil pendidikan.

Keywords


program sekolah penggerak; platform merdeka belajar; transformasi sekolah; profil pendidikan; rapor pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurahman, M. (2018). Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, 1(2), 70–78. https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i2.10

Asrijanty. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 26–36.

Bailey, M. D., & Michaels, D. (2019). An optimization-based DSS for student-to-teacher assignment: Classroom heterogeneity and teacher performance measures. Decision Support Systems, 119(January), 60–71. https://doi.org/10.1016/j.dss.2019.02.006

Bryson, J. M. (2004). Strategic planning and decision-making for public and non-profit organizations. In Jossey-Bass. https://doi.org/10.4324/9781315640686

Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2), 88–95.

Hidayatulloh, K., MZ, M. K., & Sutanti, A. (2020). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Dana Sehat Pada Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.24127/.v1i1.122

Juhji, J. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Dan Pengelolaan Sumber Daya Sekolah (16JP).

Lim, C. L., Jaya, S., Jalil, H. A., & Saad, W. Z. (2020). Peer Learning , Self-Regulated Learning and Academic Achievement in Blended Learning Courses : A Structural Equation Modeling Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 110–125.

Luh Gd Rahayu, B., Luh Putu, A., I Ketut, S., & Made Hery, S. (2018). How Consistent Is Teachers’ Planning, Implementation, And Assessment In Character Education? SHS Web of Conferences, 42(61), 1–7. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200061

Pynes, J. E. (2009). Human Resources Management Fo Public and Non Profit Organizations. San Francisco: Jossey_Bass.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahman, B. (2018). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia

Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., Viah, N., & Rahman, T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.14973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.