PELATIHAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Farah Indrawati(1*), Leny Hartati(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika” di SMK Mandala Tiara Bangsa ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik sehingga mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan matematika melalui aplikasi pembelajaran matematika. Permasalahan yang terdapat di SMK Mandala Tiara Bangsa adalah pendidik belum semua dapat memahami dan menggunakan konsep pembelajaran online secara utuh, kemudian pendidik dan peserta didik belum terfasilitasi oleh lembaga pendidikan dalam pencapaian kompetensi secara maksimal, terkait pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan penggunaan aplikasi pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendekatan partisipatif, dengan metode pelatihan. Peserta kegiatan terlihat antusias dan responsif dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pendidik SMK Mandala Tiara Bangsa menyadari bahwa peningkatan kompetensi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan melalui berbagai aplikasi pembelajaran. Pendidik harus dapat berperan langsung membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, baik secara offline maupun online.


Keywords


Pelatihan, Aplikasi Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar Apriadi, M., dkk. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133-144.

Angelina Hutabarat, Y. (2020). Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. https://www.researchgate.net/publication/341926684_TINGKAT_KEMAMPUAN_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA_SISWA_SMP

Asih, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446.

Habibatul, I. K., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. Doi: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629.

Kartasasmita, B. G. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Covid-19: Strategi Pemanfaatan Teknologi dalam Home-Based Learning. Bandung: Webinar Ikatan Keluarga Alumni Program Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pasundan. Tanggal 9 Mei 2020.

Nurkhalipah, R., & Ramlah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Tahapan Polya Materi Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, (1), 335–344.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.12859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.