PENGUATAN KOMITE PEMBELAJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Hendro Prasetyono(1*), Anna Nurfahana(2), Ira Pratiwi Ramdayana(3), Tri Anita(4), Nurul Hikmah(5)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Universitas Indraprasta PGRI dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru yang terpilih dalam program sekolah penggerak diangkatan 1. Metode pelaksanaan menggunakan focus group discussion yang dikemas dalam bentuk talk show secara tatap muka langsung. Jumlah peserta 22 orang yang terdiri atas kepala sekolah, perwakilan guru komite pembelajaran dan pengawas sekolah yang berasal dari 7 SMA dan 1 SLB. Kegiatan dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama 02 Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang disusun dalam sesi paparan dan sesi tanya jawab ini memperlihatkan antusiasme para peserta dalam mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang mengimplementasikan kurikulum operasional tiap satuan pendidikan. Para peserta mendapatkan wawasan yang lebih luas dan mendapatkan panduan sederhana yang dapat diimplementasikan kurikulum sekolah penggerak di lingkungan sekolah masing-masing

Keywords


komite pembelajaran; focus group discussion; sekolah penggerak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aditomo, A. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 028/H/KU/2021. , (2021).

Albert, S., & Grzeda, M. (2015). Reflection in Strategic Management Education. Journal of Management Education, 39(5), 650–669. https://doi.org/10.1177/1052562914564872

Alkhafaji, A. F. (2013). Strategic management : formulation, implementation, and control in a dynamic environment. New York: The Haworth Press, Inc.

Asrijanty. (2021a). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, RIset dan Teknologi.

Asrijanty. (2021b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Gunawan, A., & LN, S. Y. (2021). Pelatihan Android Studio untuk Meningkatkan Kemampuan Dosen dan Tenaga Pendidik Dalam Bidang Teknologi Informasi di Universitas Bunda Mulia Jakarta. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(05), 451–459.

Kasih, A. P. (2021). Kemendikbud ristek: Sekolah penggerak ciptakan pembelajaran mengasyikkan. Kompas.Com, p. 1. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/23/180000371/kemendikbud-ristek--sekolah-penggerak-ciptakan-pembelajaran-mengasyikkan?page=all

KEMDIKBUD, P. (2021). Pembelajaran dan Asesmen. X–76.

Makarim, N. A. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 371/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak. , (2021).

Prasetyono, H., Abdillah, A., Djuhartono, T., Ramdayana, I. P., & Desnaranti, L. (2021). Improvement of teacher’s professional competency in strengthening learning methods to maximize curriculum implementation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 720–727. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21010

Prasetyono, H., Kurniasari, D., & Desnaranti, L. (2019). Evaluation of the implementation of Batik-skills training program. Research and Evaluation in Education, 5(2), 130–143. https://doi.org/10.21831/reid.v5i2.23918

Puspita, D. V., & Astuti, E. Z. L. (2021). Praktik Baik Pemberdayaan Difabel oleh kelompok Difabel Desa Makmur Jati Mandiri. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 22(2), 98–109.

Ramdayana, I. P., Prasetyono, H., & Rahman, N. V. T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(3), 597–607.

Sasmito, S. (2021). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler: Sebuah Praktik Baik. Indonesia Journal of Educational Development, 2(3), 524–533. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681650

Sufyadi, S., Anggraena, Y., Arirani, F., & Aji, S. (2021). Pemenuhan beban kerja dan penataan linieritas guru bersertifikat pendidik dalam implementasi pembelajaran pada program sekolah penggerak. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.