PELATIHAN LABORATORIUM VIRTUAL CROCODILE PHYSICS 605 PADA MGMP FISIKA SMA KABUPATEN KARAWANG
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Selama wabah pandemi Covid-19, para pendidik diharuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Selama pembelajaran jarak jauh dilakukan terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah kegiatan praktikum yang seharusnya dilakukan di laboratorium. Kegiatan praktikum dapat dilakukan secara daring melalui laboratorium virtual sehingga siswa tetap dapat melakukan praktikum melalui pembelajaran jarak jauh. Adapun laboratorium virtual yang digunakan harus yang mudah dipahami dan digunakan oleh pendidik dan siswa, salah satunya adalah Crocodile Physics 605. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan penggunaan laboratorium virtual Crocodile Physics 605 untuk para pendidik. Adapun tujuan dari pelatihan ini untuk mensosialisasikan laboratorium virtual dengan menggunakan Crocodile Physics 605, dan mengukur tingkat pemahaman peserta dalam menggunakan Laboratorium Virtual Crocodile Physics 605 dalam pembelajaran. Sasaran dari pelatihan ini merupakan guru- guru tim MGMP fisika SMA Kabupaten Karawang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan metode diskusi dan tanya jawab yang dilakukan daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi di tiap akhir pelatihan. Hasil akhir pada pelatihan ini menunjukkan bahwa guru MGMP fisika SMA Kabupaten Karawang dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan Laboratorium Virtual Crocodile Physics 605, hal tersebut dibuktikan melalui simulasi praktikum yang dibuat oleh para peserta. Selain itu, para peserta dapat memahami laboratorium virtual Crocodile Physics 605 dengan tingkat pemahaman mencapai 89,3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. P., TW, A., & Handayani, S. (2020). Pemanfaatan media crocodile physics dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Navigation Physics?: Journal of Physics Education, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.189
Churiyah, M., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 7(6), 491–507.
Dasmo, D., Budi Bhakti, Y., & Napis, N. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Phet simulation dalam eksperimen fisika. Navigation Physics?: Journal of Physics Education, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.192
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). Penggunaan Software Crocoile Physics 6.0.5 dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 64–80. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.11055
Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., & Purwanti, P. (2021). Analisis Nilai Sudut Deviasi pada Prisma Menggunakan Software Crocodile Physics 605. Schrodinger: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 1–7.
Maryuningsih, Y.-, Manfaat, B., & Riandi, R. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Elektroforesis Gel Sebagai Pengganti Praktikum Riil. Phenomenon?: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 48–64. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3320
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Novianto, A., & Diana, N. (2019). Penerapan Program Crocodile Physics Sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3969
Prastowo, S. H. B., Subiki, & Kamali, M. W. (2021). The implementation crocodile physics simulation media on senior high school student’s scientific works skills in the materials of momentum and collisions. Journal of Physics: Conference Series, 1832(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1832/1/012051
Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321–327.
Setiawan, A. (2013). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika Sma?: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 285–290.
Shintya Dewi, D. A. K. D., Sastrawidana, D. K., & Wiratini, N. M. (2019). Analisis Pengelolaan Alat Dan Bahan Praktikum Pada Laboratorium Kimia Di Sma Negeri 1 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162
Uluay, G. (2021). Digital Simulation Experiences of Pre-service Science Teachers: An Example of Circuits. International Journal of Progressive Education, 17(3), 14–30. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.346.2
Ulukök, ?., & Sari, U. (2016). The Effect of Simulation-assisted Laboratory Applications on Pre-service Teachers’ Attitudes towards Science Teaching. Universal Journal of Educational Research, 4(3), 465–474. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040301
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i1.12019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI
Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
View My Stats
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.