Pengaruh Habits of Mind dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis

Condro Endang Werdiningsih(1*), Linda Khoerunisa(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh habits of mind dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis; (2) pengaruh habits of mind terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis; dan (3) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Korelasi dengan teknik analisis regresi ganda. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Tahdzibun Nufus Kota Jakarta Barat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan habits of mind dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir reflektif matemati; (2) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan habits of mind terhadap kemampuan berpikir reflektif; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis.

Keywords


Habits of Mind; Self-Regulated Learning; Reflective Thinking Ability;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar, & Sofiyan. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. Numeracy, 5(1), 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.330

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757

Edo, S. I. (2018). Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur Rutin Dalam Melakukan Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223–232. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.278

Egok, A. S. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.01

Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542

Handayani, A. D. (2015). Mathematical Habits of Mind : Urgensi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 223–230. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/240

Harahap, R., Dewi, I., & Sumarno. (2012). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washliyah 8 Medan. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 186–204.

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256

Komala, E. (2017). Penerapan Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1612

Krissandi, A. D. S., & Setiawan, K. A. C. (2018). Perubahan Kurikulum dan Pendidikan Profesi Guru: Upaya Menemukan Arah Pendidikan yang Ideal atau Konstelasi Kekuasaan? SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 93–102. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3027

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Muntazhimah, M. (2019). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis siswa Kelas 8 SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 237–242. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4551

Nindiasari, H., Novaliyosi, & Subhan, A. (2016). Desain Didaktis Tahapan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar. JURNAL KEPENDIDIKAN, 46(2), 219–232. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.10681

Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp. Journal on Education, 1(2), 163–168. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.41

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik Sd/Mi Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a538

Ramadhani, S. S., Hartin, S., & Lestari, W. D. (2019). Pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari tingkat kebiasaan berpikir. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–10. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/219

Sudjatmiko, T. (2019). Siswa Harus Pahami Pentingnya Kemandirian (Online), (https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/siswa-harus-pahami-pentingnya-kemandirian/) diakses 21 Juni 2021.

Suhartina, R., Farhan, M. S., Kushendri, & Nurjaman, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP di Kota Cimahi pada materi operasi aljabar ditinjau dari self regulated. Journal on Education, 1(3), 203–210. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.138

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.9942

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Condro Endang Werdiningsih, Linda Khoerunisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter