Pengaruh Habits of Mind dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anwar, & Sofiyan. (2018). Teoritik Tentang Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pengajuan Masalah Matematis. Numeracy, 5(1), 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.330
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits of Mind. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757
Edo, S. I. (2018). Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur Rutin Dalam Melakukan Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223–232. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.278
Egok, A. S. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186–199. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPD.072.01
Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542
Handayani, A. D. (2015). Mathematical Habits of Mind : Urgensi dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 223–230. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/240
Harahap, R., Dewi, I., & Sumarno. (2012). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Kooperatif Tipe STAD di SMP Al-Washliyah 8 Medan. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 186–204.
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
Komala, E. (2017). Penerapan Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1612
Krissandi, A. D. S., & Setiawan, K. A. C. (2018). Perubahan Kurikulum dan Pendidikan Profesi Guru: Upaya Menemukan Arah Pendidikan yang Ideal atau Konstelasi Kekuasaan? SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 93–102. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3027
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Muntazhimah, M. (2019). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis siswa Kelas 8 SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 237–242. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4551
Nindiasari, H., Novaliyosi, & Subhan, A. (2016). Desain Didaktis Tahapan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar. JURNAL KEPENDIDIKAN, 46(2), 219–232. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.10681
Nurmala, N., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Pengaruh Habits of Mind (Kebiasaan Berpikir) Terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp. Journal on Education, 1(2), 163–168. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.41
Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik Sd/Mi Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 1. https://doi.org/10.26555/jpsd.v1i1.a538
Ramadhani, S. S., Hartin, S., & Lestari, W. D. (2019). Pengaruh penggunaan model pembelajaran pair check terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari tingkat kebiasaan berpikir. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–10. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/219
Sudjatmiko, T. (2019). Siswa Harus Pahami Pentingnya Kemandirian (Online), (https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/siswa-harus-pahami-pentingnya-kemandirian/) diakses 21 Juni 2021.
Suhartina, R., Farhan, M. S., Kushendri, & Nurjaman, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP di Kota Cimahi pada materi operasi aljabar ditinjau dari self regulated. Journal on Education, 1(3), 203–210. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.138
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.9942
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Condro Endang Werdiningsih, Linda Khoerunisa
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530