Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar

Gita Ayu Nengsih(1), Heni Pujiastuti(2*)

(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pada materi operasi bilangan cacah. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas 3 SDIT AL-HUSNA Kota Serang sebanyak 7 siswa berdasarkan pada hasil ulangan harian yang berada di bawah KKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 5 butir soal essay berbentuk soal cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan cacah diantaranya: 1) kesulitan dalam menggunakan operasi hitung matematika; 2) kesulitan dalam memahami soal yang dimakud dan kesulitan dalam menerjemahkannya ke dalam kalimat matematika; 3) kesulitan dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan materi operasi hitung bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Hal ini sebagaimana dari hasil analisis diketahui bahwa persentase tertinggi kesulitan siswa dalam melakukan operasi hitung mencapai 71%.


Keywords


Difficulty Analysis; Whole Number Operation; Elementary School Students;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arnidha, Y. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Cacah. JURNAL E-DuMath, 1(1).

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Djamarah, Bahri Syaiful. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryadi, R., & Nurmaningsih, N. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Elemen, 5(1), 1–11.

Imawati, T., & Dharma, U. S. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Luas dan Keliling Lingkaran di Kelas VIII E SMP Negeri 2 Jatinom. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2014). Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 1–13.

Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 123–129.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Pangadongan, F.V.(2019). Pelatihan Kepada Guru SD untuk Mengajarkan Konsep Luas Bidang Datar dengan Menggunakan MEQIP (Mathematic Eduation Quality Improvement. International Journal of Community Service Learning, 3(2), 56-62. Retrieved from: https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/4466/17812-25888-1-SM.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139-1148.

Rubai, R., Yunianta, T. N. H., & Wahyudi, W. (2015). Strategi Guru Matematika dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bagi Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Salatiga. Satya Widya, 31(1), 32–42.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Yogyakarta: Alfabeta.

Utami, L. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya. In Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (pp. 246–259). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gita Ayu Nengsih, Heni Pujiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter