Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik
(1) 
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif matematis dan pemecahan masalah matematis marupakan kemampuan yang harus dikembangkan peserta didik karena kemampuan ini sangat dibutuhkan ketika pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara kemampuan berpikir reflektif matematis dengan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini yaitu correlational design. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan sampel penelitian sebanyak 34 peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir reflektif matematis dengan pemecahan masalah matematis. Besar pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap pemecahan masalah matematis yaitu sebesar 27%.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adha, S. M., & Rahaju, E. B. (2020). Profil Berpikir Reflektif Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 61–71.
Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 900–913. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.330
Amalia, R., Zaki, M., & Agustin, T. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Dimensi Matematika, 3(01), 172–181. https://doi.org/10.33059/jdm.v3i01.2454
Anggalia, F., Bharata, H., & Rosidin, U. (2020). Developing PBL to improve mathematical problem solving and self efficacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v3i1.129
Badjiser, N. L., Suratno, J., & Angkotasan, N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Di Sma Negeri 4 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Betne, P. (2019). Reflection as a learning tool in matematics. Transit: The LaGuardia Journal; on Teaching and learning, 4, 92–101.
Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (2 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, P. A. C., Sudiarta, I. G. P., & Suweken, G. (2020). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(1), 106–118.
Egmir, E., & Ocak, I. (2020). The Relationship between Teacher Candidates’ Critical Thinking Standards and Reflective Thinking Skills. International Journal of Progressive Education, 16(3), 156–170. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.248.12
Ernawati, & Sutiarso, S. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Kategori Higher Order Thinking SkillS. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 178–195.
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117–124. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283
Halim, A., Susanna, Evendi, Yusrizal, Musdar, & Irwandi, I. (2021). The impact of the problem-based instruction model on the students’ problem solving ability. AIP Conference Proceedings, 2330, 1–9. https://doi.org/10.1063/5.0043124
Hwang, Y., & Oh, J. (2021). The relationship between self-directed learning and problem-solving ability: The mediating role of academic self-efficacy and self-regulated learning among nursing students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(4), 1–9. https://doi.org/10.3390/ijerph18041738
Kusuma, I. cahya I., Noer, S. H., & Caswita. (2020). Pengembangan PBM dengan Tahapan TPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 870–885. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.321
Mulyani, E., Ratnaningsih, N., & Sirri, E. L. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Reklektif Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Journal Of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 46–56.
Muzaimah, M., & Noer, S. H. (2019). The analysis of student ’ reflective thinking skills in solving mathematical story problems on quadrilateral material. Regular Proceeding ISIMMED, 3, 21–26.
Noer, S. H., Gunowibowo, P., & Triana, M. (2020). Improving students’ reflective thinking skills and self-efficacy through scientific learning. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012036
Noviyanti, E. D., Purnomo, D., & Kusumaningsih, W. (2021). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 57–68. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1781
Öztürk, M. (2020). The Relationship between Self-Regulation and Proportional Reasoning: The Mediating Role of Reflective Thinking towards Problem Solving. TeE?i?ti?m VBi?li?m, 45(204), 143–155. https://doi.org/10.15390/eb.2020.8480
Palanisamy, S., Bin, N., & Nor, M. (2021). Effectiveness Of Mayer’s Problem Solving Model With Visual Representation Teaching Strategy In Enhancing Year Four Pupils’ Mathematical Problem Solving Ability. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 9(2), 41–52.
Permatasari, I., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Efektivitas metode pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 61–72. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33830
Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis Problem Solving in Mathematical Using Theory Newman. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630
Sari, N. H., Sutiarso, S., & Dahlan, S. (2019). Analysis of students problem solving ability by using polya steps in linear program material. International Conference on Mathematics and Science Education, 4, 39–44.
Setiani, A., & Lukman, H. S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135.
Sihaloho, R., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 3, 736–741.
Suryana, A., & Nurrahmah, A. (2020). Guided Discovery Learning berbasis APOS: Alternatif Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Berpikir Reflektif Matematis. SINASIS 1 Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 361–372.
Syamsuddin, A. (2020). Identifikasi Kedalaman Berpikir Reflektif Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Taksonomi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Elemen, 6(1), 128–145. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1743
Thahir, A., Komarudin, Hasanah, U. N., & Rahmahwaty. (2019). MURDER learning models and self efficacy: Impact on mathematical reflective thinking ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1120–1133. https://doi.org/10.17478/jegys.594709
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model CORE dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81–96. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979
Wijayanti, A. T., Caswita, & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah pada Pemecahan Konsep Matematis Siswa. Arithmetic : Academic Journal of Math, 101(1), 83–92.
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The Effect of SSCS Learning Model on Reflective Thinking Skills and Problems Solving Ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Zahroh, S. H., Parno, & Mufti, N. (2018). Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Problem Solving disertai Conceptual Problem Solving ( CPS ) pada Materi. Jurnal Pendidikan, 3(7), 968–973.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 RA. Annisa Cahya Imani Syadid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530