Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender

Muiz Ghifari(1*), Ellis Salsabila(2), Tian Abdul Aziz(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis pada materi bentuk aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di Kecamatan Cibungbulang, Kab. Bogor dengan 6 sekolah. Banyak subjek pada penelitian ini adalah 26 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan tes kemampuan berpikir reflektif matematis. Hasil penelitian ini adalah peserta didik perempuan cenderung lebih baik dari peserta didik laki-laki pada indikator mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah dengan beberapa alternatif solusi, dan mengevaluasi. Peserta didik laki-laki cenderung lebih baik dari peserta didik perempuan hanya pada indikator menarik analogi dari dua kasus.


Keywords


Reflective Thinking Ability; Algebra; Gender;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adenia, W. O., Angkotasan, N., & Suratno, J. (2019). Berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran berdasarkan kemampuan matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 53–68. https://doi.org/10.33387/dpi.v8i2.1372.

Apino, E., & Retnawati, H. (2017). Developing instructional design to improve mathematical higher order thinking skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 812(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku pegangan pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi berbasis zonasi. In Sajidan & R. Mohandas (Eds.), Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Chesney, D. L., & McNeil, N. M. (2014). Activation of operational thinking during arithmetic practice hinders learning and transfer. Journal of Problem Solving, 7(1), 24–35. https://doi.org/10.7771/1932-6246.1165.

Choy, S. C. (2012). Reflective thinking and teaching practices: a precursor for incorporating critical thinking into the ilassroom? International Journal of Instruction, 5(1), 167–182.

Demirel, M., Derman, I., & Karagedik, E. (2015a). A Study on the relationship between reflective thinking skills towards problem solving and attitudes towards mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 2086–2096. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.326.

Demirel, M., Derman, I., & Karagedik, E. (2015b). A study on the telationship between teflective thinking skills towards problem solving and attitudes towards mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 2086–2096. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.326.

Dewi, S. I. K., & Kusrini. (2014). Analisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi bentuk aljabar SMP Negeri 1 Kamal semester gasal tahun ajaran 2013/2014. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 195–202.

Gokhale, A. A. (1996). Effectiveness of computer simulation for enhancing higher order thinking. Journal of Industrial Teacher Education, 33(4), 36–46.

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674.

Jupri, A., Drijvers, P., & van den Heuvel-Panhuizen, M. (2014). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683–710. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0097-0.

Kondo, S. A. S. K., Side, S., & Minggi, I. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari perbedaan gender pada SMP Negeri 8 Makassar [Universitas Negeri Makkasar]. http://eprints.unm.ac.id/11524/1/Artikel.pdf.

Mentari, N., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2018). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP berdasarkan gaya belajar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 31–42.

Merzbach, U. C., & Boyer, C. B. (2011). History of mathematics. In John Wiley & Sons (Third Edit). John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.1975.tb09051.x.

Nurafni, A., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self confidence siswa : studi kasus di SMKN 4 Pandeglang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013.

Permadi, S. A. (2019). Deskripsi kemampuan penalaran analogi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gumelar ditinjau dari gender. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 5(2), 58. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7364.

Rachmat, Nindiasari, H., & Fathurrohman, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari gaya kognitif. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 46–54.

Rahma, N. N. (2020). Proses berpikir reflektif siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 329–338.

Ramadhani, R., & Juandi, D. (2020). An analysis of mathematical reflective thinking skills of senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032059.

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215.

Suhartina, R., Farhan, M. S., Kushendri, & Nurjaman, A. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif siswa SMP di Kota Cimahi pada materi operasi aljabar ditinjau dari self regulated. Journal on Education, 1(3), 203–210. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/138.

Sukmadirja, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis dengan menggunakan metode improve. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(2016), 94–105.

Supriyaningsih, N., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Profil kemampuan berpikir Reflektif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pisa Pada konten quantity. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 366–378.

Syamsuddin, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2020). Understanding the Problem Solving Strategy Based on Cognitive Style as a Tool to Investigate Reflective Thinking Process of Prospective Teacher. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2614–2620. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080644.

Wahyuni, F. T., Arthamevia, A. T., & Haryo, D. (2018). Berpikir reflektif dalam pemecahan masalah pecahan ditinjau dari kemampuan awal tinggi dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1), 28–39. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4455.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muiz Ghifari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter