Pengaruh Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Endang Suparni(1*), Maya Nurfitriyanti(2), Lin Mas Eva(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI (Unindra)
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional, yang dilakukan pada peserta didik kelas IX di SMP Insan Nur Muhammad Bogor tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 35 responden. Instrumen pengumpulan data dengan penyebaran angket untuk mengukur resiliensi matematis dan kemampuan komunikasi matematis menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Setelah uji persyaratan analisis data terpenuhi, dilakukan analisis inferensial. Untuk pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, Fhitung > Ftabel (4,48 > 4,13), dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap komunikasi matematis.


Keywords


The Mathematical Resilience; Mathematical Communication;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Hendriana, H., Rochaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Johnston-Wilder, S. & Lee, C. (2010a). Mathematical Resilience. Mathematics Teaching, 218, 38-41.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa smp di tinjau dari resiliensi matematik. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 933-940.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. Retrieved from va: Authur. Diakses pada tanggal 20 Juli 2020 pukul 14:15 WIB, http://educare.e-fkipunla.net.

OECD (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses pada tanggal 09 Maret 2020 pukul 23:21 WIB, https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all.

Sarafino, E. P., & Smith. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.).New Jersey: Jhon Willey & Sons.

Shindy, S., & Nurfitriyanti, M. (2020). Pengaruh Communication Skill dan Character Building terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9179

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Endang Suparni, Maya Nurfitriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter