Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal

Fardan Kusumahadi(1*), Harina Fitriyani(2)

(1) 
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah segitiga dan lingkaran. Sedangkan ruang lingkup penelitian ini meliputi siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif model Miles dan Huberman yang memuat reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan intrapersonal tinggi dan rendah memenuhi seluruh indikator koneksi matematis yaitu mengenali dan menghubungkan di antara ide-ide matematika, serta mengaplikasikan ide matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan subjek kecerdasan intrapersonal sedang hanya memenuhi satu indikator koneksi matematis, yaitu mengenali dan menghubungkan antar ide-ide matematika namun belum lengkap.


Keywords


Mathematical Connection Ability; Intrapersonal Intelligence

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anjani, D., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 158–166. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Apipah, S., Kartono, & Isnarto. (2018). An analysis of mathematical connection ability based on student learning style on visualization auditory kinesthetic (VAK) learning model with self-assessment. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012138

Aviyanti, E. N. K., & Setianingsih, R. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 103–109.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Budiyanta, E., Sutadi, L. I., & Fitriyani, H. (2019). Identifikasi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Prosiding Sendika, 5(1), 530–533. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/796

Burte, H., Gardony, A. L., Hutton, A., & Taylor, H. A. (2020). Elementary teachers’ attitudes and beliefs about spatial thinking and mathematics. Cognitive Research: Principles and Implications, 5(1). https://doi.org/10.1186/s41235-020-00221-w

Fitriyani, H., Kusumah, Y. S., & Turmudi, T. (2021). Spatial Reasoning: A Survey on the 8th Grader Students’ Gain in Online Learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 51–60. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.20140

Fitriyani, H., Setyawan, F., Hendroanto, A., & Istihapsari, V. (2021). Describing student’s mathematical power: Do cognitive styles make any difference? Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 39. https://doi.org/10.12928/bamme.v1i1.3856

Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ Geometry Thinking based on Van Hiele’s Theory. Infinity Journal, 7(1), 55–60. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p55-60

Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Dasar. JIPMat, 3(1), 51–58. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2220

Miles, M., Huberman, M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Thousand Oaks, CA: Sage (3rd ed.).

Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 68–77.

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analysis of mathematical connection in abstract algebra. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022105

NCTM. (2000). Standards for school mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.

Padillah Akbar, M. B. I. S. A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu. Journal On Education, 01(02), 309–316.

Prihastanto, A. R., & Fitriyani, H. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP yang bergaya Kognitif Reflektif-Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Geometri. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12

Rokhima, N., & Fitriyani, H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Seimnar Nasional Pendidikan, Sains, Dan Teknologi.

Rokhima, N., & Fitriyani, H. (2018). Student’s Metacognition : Do Intrapersonal Intelligent Make Any Difference ? Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.234

Siregar, R., & Siagian, M. D. (2019). Mathematical connection ability: Teacher’s perception and experience in learning. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012041

Widarti, A. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. JIPMat, 1(1), 72–79. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2220

Zuyyina, H., Wijaya, T. T., P, H. M., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 79–90. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2546




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9001

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fardan Kusumahadi, Harina Fitriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter