Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep
(1) UIN Alauddin Makassar
(2) UIN Alauddin Makassar
(3) UIN Alauddin Makassar
(4) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Merupakan penelitian Quasi Experiment yang desain penelitiannya Nonequivalent Control Group Design. Populasinya ialah kelas VII SMPN 3 Sungguminasa, sampel kelas kontrolnya ialah kelas VII.E dan sampel kelas eksperimennya ialah kelas VII.F yang jumlah siswanya masing-masing 32 orang. Teknik analisis datanya berupa analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasilnya mengungkapkan ada perbedaan pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran RME dan bukan, serta pembelajaran RME lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Bakoban, F. I. (2019). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Medan. Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 34–39. https://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/32
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Presiding Sesiomadika, 65–72. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097
Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 182–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2043
Fajarina, A. R. (2016). Hubungan antara Penggunaan Media Gambar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa [Universitas Lampung]. hrrp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pedagogi/article/viewFile/11141/7940
Fitriani, M., Hartono, Y., & Purwoko. (2010). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KUANTUM DI KELAS VIII SMP 2010. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/http://doi.org/10.22342/jpm.4.1.311.
Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Perkembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.
Hartono, Y. (2017). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Kania, N., & Arifin, Z. (2020). Aplikasi Macromedia flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96–109.
Megantara, M. I., Asnawati, R., & Gunawibowo, P. (2017). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7), 830–841. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13827
Nasir, A. M., & Sari, I. E. (2019). Efektivitas Model Realistic Mathematics Education (RME) dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pedagogik, 6(1), 145–171. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.557
Nur’aini, E. S., Irawati, R., & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 691–700. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3559/pdf
Purnama, A., Suryana, Y., & Elan. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Segitiga Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas II SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13751
Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113
Rahayu, S. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekan Baru [UIN Suska Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2195
Ramadhanti, E., & Marlina, R. (2019). Pembelajaran Realisric Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 876–882. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2539/1937
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simalango, E. N. D. S. (2016). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep di Kelas VII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016 [Universitas HKBP Nommensen]. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/337
Syafruddin, F., & Jeranah. (2020). Efektivitas Penerapan Model Quantum Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 224–235. http://103.55.216.56/index.php/alasma/article/view/17487
Tandililing, E. (2010). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Jurnal Guru Membangun, 25(3), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jgmm/article/view/208
Wicaksono, S. (2016). The Development Of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flas 8 in Accouting Course. Journal Of Accounting Buisniess Education, 1(1), 122–139. http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734
Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.8378
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fathu Ridha, Suharti Suharti, Andi Halimah, Fitriani Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530