Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Ferawati Ferawati(1*), Huri Suhendri(2)

(1) STMIK Bina Sarana Global
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning dan problem based learning terhadap berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan teknik kuasi eksperimen. Populasi terjangkau dalam penelitian ini SMK Bina Mandiri dan SMK Bina Karya dan sampel sebanyak 80 siswa. Data dianalisis menggunakan Posttest-Only-Design dengan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa model discovery learning dan problem based learning efektif untuk meningkatkan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika.


Keywords


Cooperative Learning; Creative Thinking; Mathematical Problem-Solving Abilities;

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Abdurrozak, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhdap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Andriani, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Pembelajaran Improve. Jurnal Tarbiyah, 23 (1), 83-100.

Cahyaningsih, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Probem Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736.

Hasmiati. (2016). Penerapan Model Probem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 257-262.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kiswanto, W. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA. Jurnal PME, 7(2), 137-154. DOI: 10.5035/pjme.v7i2.2717

Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Musilum. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30.

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 161-183.

Murtafiah. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 48–52.

Nafisa, D. (2019). Mode Pembeajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 854-861.

Orton, A. & Frobisher, L. (2009). Insights Into Teaching Mathematics. (London: Continuum). Ebook. https://books.google.com/books?isbn=0826477488.

Prasetyo, H. & Suhendri, H. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016

Sari, A. D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016

Sari, F. A. (2017). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7).

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3). https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8311

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ferawati Ferawati, Huri Suhendri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter