Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21

Habibi Habibi(1*), Suparman Suparman(2)

(1) Magister Pendidikan Matematika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kecakapan yang diperlukan di era global adalah literasi matematika. Literasi matematika merujuk pada kemampuan individu untuk memformulasikan, menggunakan, dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks dengan penguasaan teknologi informasi. Penilaian literasi matematika siswa usia 15 tahun secara internasional diukur melalui PISA (Programme for International Student Assessment) yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). Dalam menyambut PISA 2021 mengasah kemampuan bernalar siswa dapat dilakukan dengan pembiasaan menemukan solusi dari soal-soal   tes yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Keywords


Mathematical Literacy; PISA; 21st Century Skill;

Full Text:

PDF

References


Ehmke, T., van den Ham, A. K., Sälzer, C., Heine, J., & Prenzel, M. (2020). Measuring mathematics competence in international and national large scale assessments: Linking PISA and the national educational panel study in Germany. Studies in Educational Evaluation, 65, 100847. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100847

Fathani, A.H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 136-150. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524.

Gomes, M., Hirata, G., & Oliveira, J.B.A. (2020). Student composition in the PISA assessments: Evidence from Brazil. International Journal of Educational Development, 79. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102299

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305

Kaiser, G., & Sriraman, B. (2006). A global survey of international perspectives on modelling in mathematics education. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik, 38, 302–310. https://doi.org/10.1007/BF02652813

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017) Panduan Implementasi Keterampilan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mahdiansyah dan Rahmawati. (2014). Mathematical Literacy of Students at Secondary Education Level: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20, 452-469.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 140-144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19574

Maulana, A., & Hasnawat, H. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 1-14. http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i2.3060

NEA. (2011). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs”. Washington: NEA

OECD. (2016). PISA 2018 Draft Analytical Framework May 2016. Paris: OECD.

OECD. (2016). PISA 2018 Integrated Design. Paris: OECD.

OECD. (2019). Framework for the Assessment of Creative Thinking in PISA 2021: Third Draft. Paris: OECD.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4, 89-100.

Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 331-348. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.496

PISA Cycle of Assessments. Retrieved from: https://nces.ed.gov/surveys/pisa/pisa2018/pdf/PISA-Cycle-of-Assessments.pdf

PISA 2021: Mathematics Framework. Retrieved from: https://pisa2021-maths.oecd.org/

Sari, R.H.N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY,713-720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 95-126.

Stacey, K. (2010). Mathematical and Scientific Literacy Around The World. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33, 1-16.

Stadler, M., Herborn, K., Mustafi?, M., & Greiff, S. (2020).The assessment of collaborative problem solving in PISA 2015: An investigation of the validity of the PISA 2015 CPS tasks. Computers & Education, 157. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103964.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121

Tjalla, A. (2010). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Diakses dari: http://pustaka.ut.ac.id/pdartikel/TIG601.pdf.

Topcu, M. S. (2016). Factors predicting Turkish and Korean Sttudents’ Science and Mathematics Achievement in TIMSS 2011. Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education, 12(7), 1711-1737.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). MENYAMBUT PISA 2018: PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG KECAKAPAN ABAD 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Habibi Habibi, Suparman Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter