Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik

Agus Purnama(1*), Suparman Suparman(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan; SMA Negeri 1 Klaten
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi  matematis peserta didik SMA Negeri 1 Klaten kelas XI menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian deskriptif kualitatif sebagai studi pendahuluan (bagian dari tahapan ADDIE). Subjek penelitian adalah  peserta didik SMA Negeri 1 Klaten kelas XI. Instrumen pengambilan data menggunakan pedoman observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan Miles Huberman. Rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik dikarenakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah untuk subyek dengan kemampuan awal akademik tinggi, sedang, maupun rendah berada pada kategori sangat kurang.


Keywords


E-LKPD; The Mathematical Literacy Abilities; PBL;

Full Text:

PDF

References


Budiono, C.S., & Wardono, W. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4487

Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Komarudin, K., & Permana, P.T. (2019) LKPD Berbasis Scientific Approach terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 79-91. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., dan Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Zulfah, Z. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.59

Marian, F., & Suparman. (2019). Design of Student Worksheet Based on Discovery Learning to Improve the Ability of Mathematics Reasoning Students of Class VII Junior High School, J. Phys.: Conf. Ser., 1306(012036) https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1306/1/012036/pdf

Maass, K. (2006). What are modelling competencies? ZDM Mathematics Education, 38(2), 113–142.

OECD. (2003). Kerangka kerja penilaian PISA 2003 - Matematika, membaca, sains, dan masalah memecahkan pengetahuan dan ketrampilan . Paris: OECD

Ananiadou, K., & Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris: OECD Publishing

Kitcher, P. (1984). Sifat Pengetahuan Matematika. Oxford: Oxford University Press.

Orton, A. (2004). Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. UK: A&C Black




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agus Purnama, Suparman Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter