Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik
(1) Universitas Ahmad Dahlan; SMA Negeri 1 Klaten
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik SMA Negeri 1 Klaten kelas XI menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian deskriptif kualitatif sebagai studi pendahuluan (bagian dari tahapan ADDIE). Subjek penelitian adalah peserta didik SMA Negeri 1 Klaten kelas XI. Instrumen pengambilan data menggunakan pedoman observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan Miles Huberman. Rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik dikarenakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah untuk subyek dengan kemampuan awal akademik tinggi, sedang, maupun rendah berada pada kategori sangat kurang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiono, C.S., & Wardono, W. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4487
Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Komarudin, K., & Permana, P.T. (2019) LKPD Berbasis Scientific Approach terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 79-91. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4385
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., dan Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
Zulfah, Z. (2017). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.59
Marian, F., & Suparman. (2019). Design of Student Worksheet Based on Discovery Learning to Improve the Ability of Mathematics Reasoning Students of Class VII Junior High School, J. Phys.: Conf. Ser., 1306(012036) https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1306/1/012036/pdf
Maass, K. (2006). What are modelling competencies? ZDM Mathematics Education, 38(2), 113–142.
OECD. (2003). Kerangka kerja penilaian PISA 2003 - Matematika, membaca, sains, dan masalah memecahkan pengetahuan dan ketrampilan . Paris: OECD
Ananiadou, K., & Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris: OECD Publishing
Kitcher, P. (1984). Sifat Pengetahuan Matematika. Oxford: Oxford University Press.
Orton, A. (2004). Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. UK: A&C Black
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Agus Purnama, Suparman Suparman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530