Rasch Model untuk Memvalidasi Instrumen Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika

Muntazhimah Muntazhimah(1*), Syifani Putri(2), Hikmatul Khusna(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji reliabilitas dan validitas instrumen kemampuan resiliensi matematis mahasiswa calon guru matematika dengan memakai model Rasch. Resiliensi matematis pada penelitian ini memiliki empat indikator yang diturunkan menjadi tiga puluh dua item pernyataan.  Responden pada penelitian ini berjumlah 126 orang yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil analisis datanya menunjukkan bahwa instrumen kemampuan resiliensi matematis mahasiswa calon guru matematika dinyatakan reliabel dan valid dengan kriteria “sangat reliabel” dan 29 dari 32 item pernyataan dikatakan “valid”, sehingga untuk meneliti kemampuan resiliensi matematis mahasiswa calon guru matematika bisa diukur dengan menggunakan instrumen ini.

Keywords


The Rasch Model; The Mathematical Resilience Instrument; Validity;

Full Text:

PDF

References


Bond, T., & Fox, C. (2015). Applying the Rasch Model. In Applying the Rasch Model. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315814698

Boone, W. J., Staver, J. R., Yale, M. S., Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2014). Item Measures. Rasch Analysis in the Human Sciences, 93–110. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6857-4_5

Cavanagh, R. F., & Waugh, R. F. (2011). Applications of Rasch Measurement in Learning Environments Research. Applications of Rasch Measurement in Learning Environments Research. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-493-5

Djaali, & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: PT.GRASINDO.

Hendriana, H., Soemarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2017). Hard Skill dan Soft Skil. Refika Aditama (1).

Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227

Johnston-Wilder, S, Lee, C., Brindley, J., & Garton, E. (2015). Developing Mathematical Resilience in School-Students Who Have Experienced Repeated Failure. Iceri2015: 8Th International Conference of Education, Research and Innovation.

Johnston-Wilder, S, Lee, C., Brindley, J., & Garton, E. (2015). Developing Peer Coaching for Mathematical Resilience in Post-16 Students Who Are Encountering Mathematics in Other Subjects. Iceri2015: 8Th International Conference of Education, Research and Innovation, 6002–6011.

Johnston-Wilder, Sue. (2013). Measuring mathematical resilience : an application of the construct of resilience to the study of mathematics. AERA 2013, San Ffancisco California, University of Warwick, 1–15. http://wrap.warwick.ac.uk/51559

Kemdikbud. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.

Misbach, I. H., & Sumintono, B. (2014). Pengembangan dan Validasi Instrumen “Persepsi Siswa Tehadap Karakter Moral Guru” di Indonesia dengan Model Rasch. PROCEEDING Seminar Nasional Psikometri, 148–162.

Muntazhimah, M. (2019). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis siswa Kelas 8 SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 237. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4551

Sappaile, I. B. (2007). Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumintono, Bambang & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan, 1–127.

Sumintono, B. (2016). Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi : Aplikasi Pemodelan Rasch pada Asesmen Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan IPA, FKIP Jurusan PMIPA, Universitas Lambung Mangkurat.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan [Applications of Rasch Modeling in Educational Assessments]. Aplikasi Permodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan (Issue September).

Wibisono, S. (2018). Aplikasi Model Rasch Untuk Validasi Instrumen Pengukuran Fundamentalisme Agama Bagi Responden Muslim. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 5(1). https://doi.org/10.15408/jp3i.v5i1.9239

Xolocotzin, U. (2017). Understanding Emotions in Mathematical Thinking and Learning. In Understanding Emotions in Mathematical Thinking and Learning. https://doi.org/10.1016/C2014-0-02036-9




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 muntazhimah muntazhimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter