Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Scopus ID: 57208621685 - Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1): 72-89. Retrieved from: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/166/148.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti, D.P., Leonard, L., Bhakti, Y.B., & Astuti, I.A.D. (2019). Developing Adobe Flash-based mathematics learning media for 7th-grade students of junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1188: 1-13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012098
Bahri, S., dkk. (2017). Peningkatan kompetensi ICT guna simulasi UNBK siswa MTS Nurul Ihsan kecamatan Jonggat kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 1(1): 1-9. Retrieved from: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/7/7
Fidiana, L., dkk. (2012). Pembuatan dan implementasi modul praktikum fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI. UPEJ Unnes Physics Education Jurnal, 1(2): 38-44. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1377
Firmansyah, A U. (2018). Aplikasi simulasi uji coba (tryout) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018. Seminar Nasional Royal (SENAR), 1(1): 111-114. Retrieved from: https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/senar/article/view/149
Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. Jurnal Education and development, 4(5), 13-13.
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. JPMIPA: Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1): 52-60. Retrieved from: http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/424/329.
Khaerunisa, E., dkk. (2019). Development of a content management system (CMS) for mathematics learning tools of mathematics preservice teachers. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2): 117-130. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i2.2978.
Leonard. (2013). Kajian peran konsistensi diri terhadap belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3 (2): 97-104. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.116
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Mertasari, N.M.S. (2010). Evaluasi berbantuan komputer. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 43(1): 72-78. Retrieved from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1704/1491
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ningrum, D. S. & Leonard, L. (2015). Pengembangan desain pembelajaran matematika sekolah dasar kelas 1. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika, 16(2).
Nurdyansyah dan Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan bahan ajar modul ilmu pengetahuan alambagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Umsida Repository. Retrieved from: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1): 24-44. Retrieved from: http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473/.
Nurmayanti, F., dkk. (2015). Pengembangan modul elektronik fisika dengan strategi PDEODE pada pokok bahasan Teori Kinetik Gas untuk siswa kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Retrieved from: http://103.8.12.212:33922/storage/app/publikasi/artikel/art001607710520171227104225.pdf
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “Sistem Komputer” untuk siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).
Rahayu, W.E dan Sudarmin. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes science Educational jurnal, 4(2): 919-926. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/7943
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Rambe, Y S. (2017). Hubungan self efficacy dan dukungan sosial dengan kecemasan siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK swasta PAB 12 Saentis. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 9(1): 60-68. http://dx.doi.org/10.31289/analitika.v9i1.740.g661
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Satriawati, H. (2015). Pengembangan e-modul interaktif sebagai sumber belajar elektronika dasar kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from: https://eprints.uny.ac.id/19128/1/HELNA%2010518241039%20Thesis%20(S1).pdf
Smaldino, L dan Russel. (2011). Instructional Technology and Media Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Development of e-module oriented solving problems to improve skills thinking critical student. Indonesian Education Journal, 2(2), 266.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1): 29-39. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.60
Sujanem, R., Suwindra, I. N. P., & Tika, I. K. (2009). Pengembangan modul fisika kontekstual interaktif berbasis web untuk siswa kelas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2 Jul).
Sulistiyo, dkk. (2014). Pendidikan Untuk Transformasi Bangsa. Jakarta: Kompas.
Sunhaji. (2014). Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2): 30-46. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsep-manajemen-kelas-dan-implikasinya.pdf.
Susilana, R & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Suyoso, S., & Nurohman, S. (2014). Pengembangan modul elektronik berbasis web sebagai media pembelajaran fisika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1).
Tania, L dan Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan bahan ajar e-modul sebagai pendukung pembelajaran kurikulum 2013 pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa siswa kelas X akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2): 1-9. Retrieved from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21294
Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-modul teori atom mekanika kuantum berbasis web dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222-235.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8141
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tasya Febrina, Leonard Leonard, Maya Masitha Astriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530