Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Sri Mulyaningsih(1*), Rina Marlina(2), Kiki Nia Sania Effendi(3)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan representasi matematis yang rendah dapat mempengaruhi cara siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga siswa yang masing-masing mewakili siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa  secara keseluruhan kemampuan representasi matematis yang paling dikuasai siswa dalam menyelesaikan masalah adalah kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi yang paling tidak dikuasai oleh siswa adalah representasi gambar


Keywords


Kemampuan representasi matematis, masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Adabiah, R. (2018). Analisis kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Segi Empat di Mts NW Dasan Tapen Gerung Lombok Barat. Skripsi Universitas Islam Negeri Mataram.

Azizah, L.N., Junaedi, I., & Suhito, S. Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pemebelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 355-365.

Effendi, K.N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 87-94.

Fuad, M. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152.

Goldin, G., & Shteingold, N. (2001). The Roles of Representation in School Mathematics . Reston, VA: NCTM.

Herlina, Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Materi Fungsi di Kelas VIII SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(10).

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston: VA: NCTM.

Mastuti, A. G. (2017). Representasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 193-208.

Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1), 23-36.

Safitri , E., Hartoyo, A., & Bistari. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Luas dan Keliling Lingkaran Berdasarkan Teori Bruner di SMPN 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(4).

Suganda, V. A. (2015). Kesulitan Merepresentasikan Soal Pemecahan Masalah matematika pada siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 2(1), 41-47.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutierrez, J. (2009). Representation in Problem Solving a Case Study With Optimization Problems. Electronic Journal of Researh in Educational Psycologi, 279-308.

Warisi, K. (2016). Representasi Matematis Berdasarkan Tingkat Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Aceh. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B MTs Assyfi’yah Gondang. Suska Journal Mathematics and Education, 4(2), 115-124

Yusepa, B. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis. Widyasari Press (online), 18(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Mulyaningsih, Rina Marlina, Kiki Nia Sania Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter