Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19

Ganjar Susilo(1*), Ninda Pancarani(2)

(1) Universitas Balikpapan
(2) Universitas Balikpapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dan pendapat mahasiswa berkaitan dengan kemandirian belajar melalui blended learning pada mata kuliah kalkulus lanjut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah subjek penelitian untuk angket dalam penelitian ini ada 11 orang, dari 11 orang yang dilibatkan diambil 3 orang untuk diwawancarai dengan cara mengambil subjek yaitu purposive sampling. Temuan yang diperoleh yaitu persentase responden terhadap kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran blended learning mata kuliah kalkulus lanjut adalah 64,0%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemandirian belajar yang baik memiliki kreatifitas dan inisiatif dalam memanfaatkan sumber belajar selama pembelajaran blended learning, mampu membuat keputusannya sendiri berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peserta didik, mahasiswa mampu mendiagnosis nilai akhir (sangat baik atau baik) yang diperoleh dengan strategi belajar masing-masing mahasiswa serta dengan adanya blended learning membuat mahasiswa tepat waktu dalam pengumpulan tugas dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan arahan dosen.


Keywords


Self-Regulated Learning; Blended Learning; Advanced Calculus;

Full Text:

PDF

References


Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Carter, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Science, 121(5–6), 311–319. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. ZDM - Mathematics Education, 52(5), 825–841. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01176-4

Fandianta, F., Sanjaya, G. Y., & Widyandana, W. (2013). Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Mengajar melalui Metode Blended Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 2(2), 1–8. https://doi.org/journal.ugm.ac.id/jpki/article/download/25178/16155

Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. (2018). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.439

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. (A. Anna, Ed.) (2nd ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulianty, H. R., Hanifa, A. N., & Sugandi, A. I. (2018). Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Matematika dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1071–1077. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Pardede, P. (2019). Pre-Service EFL Teachers’ Perception of Blended Learning. JET (Journal of English Teaching), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33541/jet.v5i1.955

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.36709/jpm.vllil.9638

Supandi, S., Kusumaningsih, W., & Aryanto, L. (2016). Keefektifan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1), 64–69. https://doi.org/journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10154

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbauangan. At-Tawassuth, 2(2), 368–388. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034

Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1203

Wright, B. M. (2017). Blended Learnings Student Perception of Face-to-Face and Online EFL Lessons. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(1), 64–71. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i1.6859

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7622

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ganjar Susilo, Ninda Pancarani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter