Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Mata Kuliah Kalkulus Lanjut Era Pandemi Covid-19
(1) Universitas Balikpapan
(2) Universitas Balikpapan
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh tanggapan dan pendapat mahasiswa berkaitan dengan kemandirian belajar melalui blended learning pada mata kuliah kalkulus lanjut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah subjek penelitian untuk angket dalam penelitian ini ada 11 orang, dari 11 orang yang dilibatkan diambil 3 orang untuk diwawancarai dengan cara mengambil subjek yaitu purposive sampling. Temuan yang diperoleh yaitu persentase responden terhadap kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran blended learning mata kuliah kalkulus lanjut adalah 64,0%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemandirian belajar yang baik memiliki kreatifitas dan inisiatif dalam memanfaatkan sumber belajar selama pembelajaran blended learning, mampu membuat keputusannya sendiri berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peserta didik, mahasiswa mampu mendiagnosis nilai akhir (sangat baik atau baik) yang diperoleh dengan strategi belajar masing-masing mahasiswa serta dengan adanya blended learning membuat mahasiswa tepat waktu dalam pengumpulan tugas dan mengikuti pembelajaran sesuai dengan arahan dosen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109
Carter, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Science, 121(5–6), 311–319. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Engelbrecht, J., Llinares, S., & Borba, M. C. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. ZDM - Mathematics Education, 52(5), 825–841. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01176-4
Fandianta, F., Sanjaya, G. Y., & Widyandana, W. (2013). Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Mengajar melalui Metode Blended Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 2(2), 1–8. https://doi.org/journal.ugm.ac.id/jpki/article/download/25178/16155
Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. (2018). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.439
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. (A. Anna, Ed.) (2nd ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulianty, H. R., Hanifa, A. N., & Sugandi, A. I. (2018). Hubungan antara Kemampuan Pemahaman Matematika dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1071–1077. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Pardede, P. (2019). Pre-Service EFL Teachers’ Perception of Blended Learning. JET (Journal of English Teaching), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.33541/jet.v5i1.955
Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.36709/jpm.vllil.9638
Supandi, S., Kusumaningsih, W., & Aryanto, L. (2016). Keefektifan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(1), 64–69. https://doi.org/journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10154
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbauangan. At-Tawassuth, 2(2), 368–388. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Usman, U. (2018). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1203
Wright, B. M. (2017). Blended Learnings Student Perception of Face-to-Face and Online EFL Lessons. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(1), 64–71. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i1.6859
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7622
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ganjar Susilo, Ninda Pancarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530