Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII berdasarkan gender di SMP Negeri 5 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh intrumen memiliki tingkat reliabel tinggi. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran Y terhadap X diperoleh data yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t independent sample dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan kepercayaan diri antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji koefisien korelasi pearson product moment dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhia, H., & Ardila, D. (2017). Hubungan Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. 2(1), 637915.
Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp N 27 Batam. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242
Faradhila, N., Imam, S., & Yemi, K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi UNS, 1(1), 67–74.
Fitriani, W. (2017). “Analisis Self-Efficacy Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Man 2 Batusangkar Berdasarkan Gender.” Agenda, 1(1), 141–158.
Ningsih, G., & Sari, R. N. (2017). Hubungan Rasa Percaya Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 16 Batam Tahun Pelajaran 2016/2017. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 78–84. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i1.1038
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7526
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Diah Rosa Septiani, Sigid Edy Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530