Rancangan Aplikasi Pembelajaran Rumus Trigonometri Berbasis Android

Wanti Rahayu(1), Ari Irawan(2*)

(1) (Scopus ID: 57202376535), Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pembelajaran rumus-rumus trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan RnD (Reseach and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Saat ini penelitian ini hanya baru sampai tahapan desain artinya ini hanya bru memembuat tampilan dan rancangan layar yang akan di tampilkan pada aplikasi. Rancangan layar ini nantinya akan dikonsultasikan dengan pakar materi yaitu guru matematika, pakar desain tampilan layer dan juga pakar di bidang teknologi pendidikan dan juga pakar materi yaitu guru mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa rancangan tampilan layar aplikasi yang nantinya akan dibuat kemudian dikonsultasikan dengan para pakar sebelum dilakukan pengembangan sistem dan implementasi dari rancangan aplikasi pembelajaran yang telah dibuat.

Keywords


Trigonometry; Android Aplication; Virtual Learning;

Full Text:

PDF

References


Akbar, G., & Linda, M. (2017). Aplikasi Pembelajaran Trigonometri Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Jurnal Teknik Komputer, 3(2), 114–119.

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Berdasarkan Newmann ’ s Error Analysis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121–134.

Fauziah, I. Z., Sutrisno, & Suwarni. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 154–159. https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3

Hartati, S., Dewi, N. A. K., Puastuti, D., Muslihudin, M., & Budi, N. S. (2017). Sistem Aplikasi Educhat Stmik Pringsewu Berbasis Android Sebagai Media. Teknosi, 03(01), 143–152.

Imelda, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Dan Trigonometri. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 49–50. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.868

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep Trigonometri dilihar dari learning obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.

Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Jurnal EFEKTOR, 26(1), 12–18.

Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (SMA) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.

Nadun, N. (2017). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Trigonometri. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 67. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1969

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan bahan ajar materi trigonometri berbantuan software iMindMap pada siswa SMA. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39–47. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.129

Rosdian, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Role Playing Bernuansa Pendidikan Karakter pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, 440–460.

Sartika, N. S., & Yulita, S. R. (2019). Penerapan bahan ajar trigamaster untuk meghindari mind in chaos siswa pada pokok bahasan trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 78–84.

Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Jurnal IJER, 2(2), 72–76. http://edujurnal.iainjambi.ac.id/index.php/ijer IJER,

Suwito, A., & Trapsilasiwi, D. (2016). Pengembangan model pembelajaran matematika SMP kelas VII berbasis kehidupan masyarakat JAWARA (Jawa dan Madura) di Kabupaten Jember. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 79–84.

Zulkardi, & Darmawijoyo. (n.d.). Pengembangan soal matematika model PISA pada konten quantity untuk mengukur kemampuan penalaran siswa sekolah menengah pertama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7525

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wanti Rahayu, Ari Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter