Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
(1) STKIP Nias Selatan
(2) STKIP Nias Selatan
(3) STKIP Nias Selatan
(4) STKIP Nias Selatan
(5) STKIP Nias Selatan
(6) STKIP Nias Selatan
(7) STKIP Nias Selatan
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran cooperative script dan meningkatkan hasil siswa pada materi lingkaran. Metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Amandraya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran. Peningkatan tersebut nampak pada rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,6 dengan persentase ketuntasan 75% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 83 dengan persentase ketuntasan 92% sehingga peningkatan sebesar 17%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arista, U. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media Komik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Matri Pokok Kubus dan Balok. Jurnal Delta, 3(1), 1–8.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.
Harefa, D. (2020). Perkembangan Belajar Sains Dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group.
Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. PT. Media Persada.
Nizar., A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VII Di MTsN Kediri. Skripsi FakultasIlmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Malang, 1(1), 1–10.
Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo.
Shalihat. (2016). Penerapan Model Pemelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematika Siswa kelas XI-IPA. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM, BANDA ACEH, 1(1), 10.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media.
Sudjana. (2009). Metode Statiska. Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan-Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sumiati & Asra. (2016). Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Darmawan Harefa, Nesra Menivil Larosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530