Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview
(1) 
(2) Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandy, H., Aminah, N. S., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31608
Alfaiz. (2014). Pembelajaran Afektif Merupakan Salah Satu Strategi Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Sebuah Tinjauan Dari Perspektif Psikologi; Social Cognitive Theory). Jurnal Pelangi, 7(1), 85–96. https://doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.152
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91–99. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. AKSIOMA, 8(1), 50–64. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1510
Ennis, R. H. (1996). Critical thinking. Prentice Hall, Inc.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty.Education.Illinois.Edu, 1–8.
Facione, N. C., & Facione, P. A. (2010). Externalizing the critical thinking in knowledge development and clinical judgment. Nursing Outlook, 44(3), 129–136. https://doi.org/10.1016/S0029-6554(06)80005-9
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP N 2 Pangkah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Herlita, Sugiatno, & Dian. (2018). Potensi Looking Back Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret Aritmetika di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28180/75676578288
Johnson, E. B. (2009). Contextual teaching & learning. In Mizan Media Utama. Mizan Media Utama.
Juniarti, N. D., & Renda, N. T. (2019). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14289
Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Forum Pendidikan, 28(2), 136–142.
Leong, Y. H., Toh, T. L., Tay, E. G., Quek, K. S., & Dindyal, J. (2012). Relooking “Look Back”: A student’s attempt at problem solving using Polya’s model. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 43(3), 357–369. https://doi.org/10.1080/0020739X.2011.618558
Lunenburg, F. C. (2011). Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement. National Forum of Teacher Education, 21(3), 1–9.
Masek, A., & Yamin, S. (2012). The Impact of Instructional Methods on Critical Thinking: A Comparison of Problem-Based Learning and Conventional Approach in Engineering Education. ISRN Education. https://doi.org/10.5402/2012/759241
Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (No. 246). In Princeton University Press.
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(1), 53–55. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i1.10020
Purwati, R., Hobri., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93.
Romberg, T. A. (1995). Reform in school mathematics and authentic assement. New York Press.
Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada.
Setiana, D. S., Santosa, R. H., Izzaty, R. E., & Herawan, T. (2019). Developing mathematics learning tools to stimulate critical thinking. International Journal of Advanced Science and Technology, 128, 81–90. http://article.nadiapub.com/IJAST/Vol129/8.html
Wagner, T. (2014). The Global Achievement Gap. In Basic Books. Basic Books.
Wahyu, A., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2019). Analisis Kemampuan Looking Back Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 81–87.
Widodo, S., Santia, I., & Jatmiko. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 1–14. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Zubaedah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://www.researchgate.net/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dafid Slamet Setiana, Nuryadi Nuryadi, Rusgianto Heri Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530