Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual

roby zulianto(1*), Mega Teguh Budiarto(2)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan translasi representasi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal kontekstual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan translasi representasi matematis siswa pada tahap unpacking the source, yaitu siswa dapat menyebutkan informasi yang diketahui pada persoalan kontekstual. Tahap preliminary coordination, yaitu salah satu siswa kesulitan untuk menentukan langkah yang akan dikerjakan dalam pembentukan representasi target, karena melakukan kesalahan pada translasi representasi simbolik ke visual. Tahap constructing the target, yaitu salah satu siswa tidak dapat menyelesaikan soal kontekstual pada translasi representasi simbolik ke visual karena kesalahan pada tahap preliminary coordination. Tahap determining equivalence, yaitu kedua siswa dapat mencapai tahap determining equivalence pada setiap translasi representasi, terkecuali translasi representasi simbolik ke visual yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa lain karena kesalahan pada tahap preliminary coordination.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6442

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 roby zulianto, Mega Teguh Budiarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter