Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation

Gunawan Gunawan(1*), Ardony Misbahul Munir(2), Lukmanul Akhsani(3)

(1) Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto, SMK Ma'arif NU 2 Ajibarang
(3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Ma’arif NU 1 Ajibarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan rata-rata setiap siklus sebesar 17,06 dengan rincian nilai rata-rata tes evaluasi siklus I yaitu 61,41 (kriteria baik), nilai rata-rata tes evaluasi siklus II yaitu 74,94 (kriteria baik) dan nilai rata-rata tes evaluasi siklus III yaitu 82 (kriteria sangat baik). Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII B SMP Ma’arif NU 1 Ajibarang.


Keywords


Problem Solving, Group Investigation (GI), Classroom Action Research

Full Text:

PDF

References


Ariandi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA): 579–585. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561.

Cipta, L. E., & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA): 268–279. Retrieved from: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26485

Hodiyanto, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2): 208–218.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning?: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(1): 18–36.

Musriandi, R., & Elyza, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Numeracy, 4(2): 99–108. Retrieved from: https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/274

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM. Retrieved from: https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 4(1): 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2826

Polya, G. (1973). How To Solve It. A New Aspect Mathematical Method. New Jersey: Princeton University PRESS

Rifa’i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 5(1): 110–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1): 15-34. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS. Yogyakarta: PPTK Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6428

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gunawan Gunawan, Ardony Misbahul Munir, Lukmanul Akhsani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter