Gaya Kognitif Konseptual Tempo dan Hasil Belajar: Suatu Studi Pada Mahasiswa Teknik

Risma Firda Diana(1*), Iva Nurmawanti(2)

(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Mataram
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kognitif konseptual tempo terhadap hasil belajar matematika teknik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes gaya kognitif, serta dokumentasi hasil belajar matematika teknik. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 mahasiswa FTIK UHT Surabaya tahun ajaran 2019/2020 yang sedang menempuh mata kuliah matematika teknik. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan ada pengaruh gaya kognitif konseptual tempo terhadap hasil belajar matematika teknik sebesar 34,7 %.  Hal ini menunjukkan penting sekali mempertimbangkan gaya kognitif konseptual tempo yang dimiliki mahasiswa untuk merancang pembelajaran yang efektif agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Keywords


Cognitive style; reflective-impulsive; fast-accurate; slow-inaccurate; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Burkett, James R. et al. (1978). Cognitive Styles: A Review of The Literature. USA: Air Force Systems Command.

Diana, R.F., Irawan, E. B., & Susiswo. (2017). Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1 (1), 52-63

Fitri, L., Rachmadwati, L. A., Ayati, J. P. R., & Muliawati, N. E. (2019). Analisis Number Sense Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 131-137

Hidajat, D., Amin, S., & Fuad, Y. (2018). Implementation of Lesson Study in Mathematics Learning Based on Student Cognitive Style. 175(Icase), 84–87. https://doi.org/10.2991/icase-18.2018.23

Ikhlas, Al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Curricula, 3 (1), 1-9.

Kusuma, A. (2010). Creativity and Cognitive Style In Children. India: Discovery Publishing House.

Latuconsina, N., & Baharuddin, B. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Mengajar Mahasiswa Dan Dosen Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. MaPan, 5(1), 32–44. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a3

Lusia Sirait, R., Muin Sibuea, A., & Murad, A. (2017). The Effect Of Learning Models and Cognitive Style on Mathematics Learning Outcomes Of Grade 5 Students. 104(Aisteel), 150–153. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.32

Messick, S. (1989). Cognitive Style and Personality: Scanning and Orientation Toward Affect. New Jersey: Educational Testing Service.

Nurmalasary. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 03 (02), 189-198.

Rasyid, M. R., & Angriani, A. D. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray ( TS-TS ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis- Logis Siswa Lusia Sirait, R., Muin Sibuea, A., & Murad, A. (2017). The Effect Of Learning Models and Cognitive Style on Mathematics Learning Outcomes Of Grade 5 Students. 104(Aisteel), 150–153. https://doi.org/10.2991/aisteel-17.2017.32

Rozencwajg, P., & Corroyer, D. (2005). Cognitive processes in the reflective-impulsive cognitive style. Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451–463. https://doi.org/10.3200/GNTP.166.4.451-466

Runco, Mark A., & Pritzker, Steven R. (1999). Encyclopedia of Creativity Vol 1. New York: Academic Press.

Santoso, S. (2018). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia.

Santrock, J. (2011). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Satriawan, M. A., Budiarto, M. T., & Siswono, T. Y. E. (2018). Students’ Relational Thinking of Impulsive and Reflective in Solving Mathematical Problem. Journal of Physics: Conf. Series 947 012030.

Setyawan, D., & Rahman, A. (2013). Eksplorasi Proses Konstruksi Pengetahuan Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal Sainsmat, 2(2), 140–152

Soemantri, Sandha. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Konseptual Tempo Terhadap Tingkat Kesalahan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18 (1), 74-85.

Sudia, M., & Lambertus. (2017). Profile of High School Student Mathematical Reasoning to Solve The Problem Mathematical Viewed From Cognitive Style. International Journal of Education and Research, 5 (6), 163-174.

Szelest, K., & Pawlak, M. (2013). Psycholinguistic and Socialinguistic Perspectives on Second Language Learning and Teachinhg : Studies in Honor of Waldemar Marton. New York: Springer.

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi, Universitas Negeri Surabaya.

Zamzam, K. F., & Patricia, F. A. (2017). Error Analysis of Newman to Solve The Geometry Problem in Terms of Cognitive Style. International Conference of Mathematics Education, vol 160, 24-27.

Zhang, L., Sternberg, R., & Rayner, S. (2011). handbook of Intellectual Styles: Preferences in Cognition, Learning, and Thinking. Springer: New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6406

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Risma Firda Diana, Iva Nurmawanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter