Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMAN 5 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah dari hasil uji coba essay sebanyak tujuh soal dari lima indikator soal kemampuan pemecahan masalah matematika. Dari perhitungan uji Chi-Kuadrat untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t menunjukkan > , maka . Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih tinggi atau tidak sama dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hernaeny, U., Afina, A., & Nusantari, D.O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analisys terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1): 127-134.
Maya, S., & Evy. (2014). Pengaruh Strategi ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-9.
Nugraha, I., Lasmawan, W., & Tika, N. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap hasil Belajara Siswa dengan Kovariabel Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Cerdas Mandiri. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-10.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2): 82-90.
Pratiwi, U. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MAN 2 Langsa pada Tahun 2014. Skripsi: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa
Rahman, R., & Maarif, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(1): 33-58.
Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 46-56.
Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 13(2): 293-307.
Winaya, I. M., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model ARCS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Chis Denpasar. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Lambok Simamora, Ulfah Hernaeny, Nuraini Dian Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530