Analisis Tingkat Berpikir Geometris Menurut Van Hiele pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ditinjau dari Gaya Kognitif

Nur'aini Muhassanah(1*), Fauzi Mulyatna(2)

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan tingkat berpikir mahasiswa berdasarkan Teori van Hiele yang ditinjau dari gaya kognitif pada mata kuliah Geometri Analitik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sebanyak 5 mahasiswa mewakili kelompok Field Dependent (FD), 5 mahasiswa mewakili Fieid Intermediate (FM) dan 2 mahasiswa mewakili Independent Field (FI). Data tingkat berpikir diperoleh dari tes diagnostik dan wawancara, sedangkan data gaya kognitif diperoleh dari hasil uji Group Embedded Figure (GEFT). Subjek diambil dengan teknik purposive sampling dan validasi data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FD adalah visualisasi dan analisis, tingkat berpikir mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FM adalah visualisasi dan pra-analisis, dan tingkat berpikir siswa yang memiliki gaya kognitif FI adalah pra-deduksi informal.


Keywords


Analytical geometry, cognitive, mathematics, level of thinking.

Full Text:

PDF

References


Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018). Analisis tingkat berpikir mahasiswa berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gaya kognitif. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 4(1), 1–6. Retrieved from http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/ALP41

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135–142. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article /view/5277

Bautista, G. H., & Valtoribio, D. C. (2016). An Assessment of Grade 8 Geometry Teaching Guide of the K to 12 Basic Education Program Based on Van Hiele Model of Geometric Thinking and Department of Education’s Standards. American Journal of Educational Research, 4(18), 1281–1284. https://doi.org/10.12691/education-4-18-6

Bostic, J. F. (1988). Dissertation: “Cognitive Styles: Their Consolidation and Relationship,Beyond Cognitive Developmental Level and Critical Thinking Ability to Understanding Science”. Texas: Texas Tech University.

Crowley, M. L. (1987). “The van hiele model of the development of geometric thought” Teaching and Learning, K-12 – 1987 Yearbook. Virginia, USA: NCTM.

de Villiers, M. (2010). Some Reflections on the Van Hiele Theory. In Invited plenary from 4th Congress of teachers of mathematics, Zagreb,. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?q=De Villiers, M., , Some Reflections on the Van Hiele Theory, Invited plenary from 4th Congress of teachers of mathematics, Zagreb, .

Exacta, A. P., & Hadiprasetyo, K. (2018). Tingkat berpikir mahasiswa pada mata kuliah geometri ditinjau dari gaya kognitif. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 8(2), 125–137. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmme.v8i2.25846

Fitriati, F., & Sopiana, L. (2015). Penerapan Teori Van Hiele dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Bangun Ruang Limas. Maju, 2(1), 41–60. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/269930/penerapan-teori-van-hiele-dalam-meningkatkan-kemampuan-berpikir-siswa-sekolah-me#cite

Gr. Voskoglou, M. (2017). Managing the Uncertainty in the van Hiele Levels of Geometric Reasoning. American Journal of Educational Research, 5(2), 109–113. https://doi.org/10.12691/education-5-2-1

Idris, N. (2006). Teaching and learning of mathematics: Making sense and developing cognitive abilities. Kuala Lumpur: Utusan Publications & Distributors. Retrieved from https://www.worldcat.org/title/teaching-and-learning-of-mathematics-making-sense-and-developing-cognitive-abilities/oclc/308750174

Karapinar, F., & Alp Ilhan, O. (2018). An Investigation of 8th Grade Students’ Knowledge on Geometrical Objects in Terms of Van Heile Levels of Understanding Geometry. American Journal of Educational Research, 6(2), 96–103. https://doi.org/10.12691/education-6-2-1

Muhassanah, N., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 54–66.

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/413-psikologi-pendidikan-ngalim.html

Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Ganesha, 2(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/120228/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-terhadap-keterampilan-berpikir-krit

Sugiyarti, S., & Ruslau, M. F. V. (2019). Meningkatkan Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Fase Belajar Model Van Hiele Menggunakan Media Bangun Ruang Dimensi Tiga. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 065–073.

Susanto, H. A. (2008). Mahasiswa field dependent dan field independet dalam memahami konsep group. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. (pp. 64–77). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/6902/

Syahputra, E., & Fauzi, K. M. A. (2017). Development of Mathematics Learning Tools Based Van Hiele Model to Improving Spatial Ability and Self-Concept Student ’ s of MTs . S Ulumuddin. American Journal of Educational Research, 5(10), 1080–1086. https://doi.org/10.12691/education-5-10-9

van de Walle, J. A. (2001). In Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally, 4th ed. In Geometric Thinking and Geometric Concepts. (pp. 306–312). Boston: Allyn and Bacon. Retrieved from https://www.learner.org/series/learning-math-geometry/solids/homework/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6367

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur'aini Muhassanah, Fauzi Mulyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter