Rancang Bangun Bahan Ajar Siswa Diskalkulia Sekolah Dasar

Abdul Karim(1*), Indah Mayang Purnama(2), Yogi Wiratomo(3)

(1) SINTA ID 6166106, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran sebagai solusi atas pembelajaran matematika yang membutuhkan bahan ajar inovatif sehingga dapat meminimalisir gangguan belajar. Pelaksanaan pengembangan bahan ajar ini menggunakan  Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang memiliki 3 tahapan: 1) melakukan analisis dan observasi perilaku dan karakteristik siswa; 2) mengembangkan prototipe media pembelajaran siswa; 3) evaluasi formatif. Dalam penelitian ini masih dalam tahap analisis dan pengembangan prototipe sistem. Hasil pengembangan berupa modul pemelajaran matematika untuk SD Kelas V bagi penderita diskalkulia. Karakteristik modul, berisi permasalahan kehidupan sehari-hari, menggunakan kalimat sederhana, perpaduan warna yang dapat mempermudah siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, serta sesuai dengan Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan pemecahan masalah matematis.

Keywords


design, scalable, Elementary school

Full Text:

PDF

References


Azhari, B. (2017). Identifikasi Gangguan Belajar Dyscalcullia pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Al Khawarizmi, 1 (1): 60-74.

Aminah, Kurniawati, A., & Riska, K. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau dari Gender. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2 (2): 118-122. Retrieved from: http://eprints.ums.ac.id/77713/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Kemendiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas.

Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2): 135-146.

Nadun. (2017). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Trigonometri. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1): 67-76.

Subini, N. (2012). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera

Suparman, A. (2014). Desain Intruksional Modern Panduan Para Pengajar & Invator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Okezone (online). (2018). (https://news.okezone.com/read/2018/11/12/65/1976537/indonesia-gawat-darurat-matematika). Diakses pada tanggal 10 Oktober 2019 pukul 21.30 WIB.

Patricia, F.A., & Zamzam, K.F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2): 288-297

Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Utami, Y & Nurfitriyani, M. (2017). Pengembangan LKS dalam Pembelajaran Matematika untuk Peserta Didik Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 48.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6360

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Karim, Indah Mayang Purnama, Yogi Wiratomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter